membersihkan kaca mobil
Otomotif

Tips Menghilangkan Embun di Kaca Mobil

Tak peduli apa pun mobilnya, entah mobil van keluarga atau bahkan truk angkutan barang, kaca mobil yang berembun merupakan sesuatu yang harus segera ditindaklanjuti. Pasalnya, jika dibiarkan, embun tersebut bisa membatasi jarak pandang pengemudi dan membahayakan diri sendiri serta pengendara lain. Oleh sebab itu, kaca berembun harus segera dihilangkan agar tidak menimbulkan kecelakaan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan embun di kaca mobil? Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  • Nyalakan AC. Cara pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan embun di kaca mobil adalah dengan menyalakan AC mobil. Hal ini dimaksudkan agar suhu udara di dalam mobil bisa mengikuti udara di luar. Dengan demikian, embun yang menempel pun bisa menghilang secara berangsur-angsur. Coba, deh!
  • Buka kaca mobil. Tak hanya dengan menggunakan AC, cara tercepat untuk menghilangkan embun di kaca mobil juga bisa dilakukan dengan membuka jendela mobil. Ketika kaca dibuka, maka udara dari luar akan langsung masuk ke dalam kabin mobil yang menyebabkan pertukaran udara. Alhasil, suhu di dalam mobil pun otomatis akan sama dengan udara di luar. Embun pun akan hilang beberapa saat setelah kaca dibuka.
  • Lap dengan gerakan satu arah. Trik membuka kaca jendela mobil tentu tak bisa dilakukan jika sedang hujan deras. Lantas, ketika di luar hujan, bagaimana cara menghilangkan embun yang timbul karena kondensasi pada kaca? Jangan khawatir, kamu juga bisa menggunakan lap kering untuk mengelap kaca dengan gerakan searah sampai embun benar-benar hilang.
  • Gunakan cairan anti kabut. Cara lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan cairan anti kabut. Kamu bisa menemukannya di toko perlengkapan mobil atau di supermarket terdekat. Ketika kaca mobil berembun, kamu bisa menyemprotkan cairan ini, lalu diamkan sejenak, dan bersihkan dengan kain lap kering. Kaca jendela pun akan kembali bersih dan tak meninggalkan bekas.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar kaca mobil kamu tidak berembun. Cara mudah lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menyimpan silica gel di dalam mobil untuk menyerap uap dan menjaga kelembapan di kabin mobil. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *