anak malas beraktivitas
Ibu Anak

Tips dan Trik Mengatasi Masalah Anak yang Malas Beraktivitas

Tidak setiap anak aktif dan semangat untuk beraktivitas. Meskipun pada umumnya anak-anak itu enerjik, tetapi ada juga anak-anak yang lebih suka untuk tetap di rumah dan bermalas-malasan daripada harus bermain ke tempat hiburan anak di Jakarta. Jika menjadi kebiasaan, tentunya sifat malas ini tidak baik untuk tumbuh dan kembang anak. Untuk itu, Anda perlu mencari cara untuk mengatasinya. Ini dia beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan!

Ajak anak beraktivitas yang tidak memerlukan banyak gerak

Biasanya salah satu alasan utama mengapa anak-anak malas beraktivitas adalah karena ia tidak mau banyak bergerak. Untuk itu, Anda bisa memulai mengajaknya untuk melakukan aktivitas yang tidak membuat Si Kecil banyak gerak. Misalnya seperti membacakan ia cerita, menonton film edukatif, atau mengajak si kecil memasak bersama. Aktivitas sederhana ini bisa menjadi langkah awal yang membangun minat anak untuk beraktivitas.

Dampingi Si Kecil

Mungkin saja Si Kecil malas beraktivitas karena malu atau merasa kesepian. Karena itu, luangkanlah waktu Anda untuk menemani Si Kecil saat bermain atau melakukan aktivitas lain. Namun, bagi Anda yang memiliki kesibukan lain, mungkin sulit jika harus terus menerus mendampingi Si Kecil. Karena itu, saat bermain bersama Si Kecil, jalin komunikasi yang baik dan berikanlah pemahaman kalau ada banyak aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan meski Anda tidak ada di sisinya. Lama kelamaan, ia bisa terbiasa melakukan aktivitas tanpa harus ditemani oleh Anda.Tentunya meskipun Anda tidak bisa mendampinginya, Si Kecil tetap butuh pengawasan ekstra. Jadi, mintalah orangtua atau pengasuh anak untuk tetap mengawasi Si Kecil beraktivitas.

Tidak Memaksa Anak

Meksipun Anda ingin Si Kecil lebih aktif beraktivitas, Anda tidak bisa memaksakannya. Tetap, Anda harus memberikannya waktu untk berdiam diri. Setelah Anda rasa cukup, baru ajak ia untuk beraktivitas. Lama kelamaan, ia akan terbiasa ikut Anda beraktivitas dan keluar dari kebiasaan malas.

Menjadi Pendengar yang Baik

Anak-anak pasti memiliki alasan ketika malas beraktivitas. Jika Anda merasa anak sedang malas beraktivitas, cobalah tanya apa yang sebenarnya ia rasakan dan apa yang ia inginkan. Dengarkan jawabannya dengan penuh kasih sayang. Dengan komunikasi yang baik, Anda pun jadi tahu apa alasan dibalik rasa malas anak dan bisa mengatasinya dengan lebih mudah.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *