mesin mobil
Otomotif

Ternyata Ini Faktor yang Bisa Menyebabkan Mesin Mobil Ngelitik

Kadang-kadang meski sudah ganti oli mesin secara rutin masih saja timbul masalah-masalah pada mobil. Memang ada banyak hal yang memengaruhi kondisi mobil selain oli. Oleh sebab itu, jangan lupa juga untuk rajin memeriksa komponen-komponen mesin mobil atau simpelnya, lakukanlah servis secara rutin. Apalagi, jika terdenganr bunyi mengelitik pada mesin mobil, maka Anda harus memeriksa kondisi mobil lebih lanjut.

Bunyi mengelitik ini sebenarnya bisa juga disebut knocking. Dilansir dari oto.detik.com, knocking akan terjadi ketika combustion chamber meledak tidak tepat pada waktunya. Hal ini mengakibatkan tekanan terjadi tidak pada waktunya dan menghasilkan suara mengelitik.

Umumya knocking terjadi pada mobil yang sudah lama dan biasanya knocking ringan terjadi antara RPM1.800-2.200 tapi akan terdengar lebih keras ketika menginjak pedal gas tiba-tiba dari RPM 1800.

Jika Anda mengalami knocking seperti ini, ada beberapa penyebab yang bisa Anda curigai, berikut ini di antaranya:

  • Temperatur mesin yang panas. Jika panas mesin di atas rata-rata (bukan overheat) biasanya akan terdengar suara mengelitik. Namun jika suhu mesin sudah turun, maka biasanya suara mengelitik akan hilang.
  • Perbandingan antara bensin dan udara yang tidak merata. Pencampuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna di dalam combustion chamber juga bisa menyebabkan knocking.
  • Kadar oktan lebih rendah. Kadar oktan yang tidak sesuai atau di bawah standar pabrikan bisa membuat pembakaran bensin tidak sempurna sehingga meninggalkan residu yang dapat menimbulkan knocking.
  • Model busi yang tidak sesuai. Jika pemakaian busi tidak sesuai dengan tipe mesin, maka bisa juga menjadi penyebab mesin ngelitik ketika RPM tinggi.
  • Menumpuknya karbon. Kotoran karbon yang menumpuk pada tiga komponen, yakni: permukaan piston, injektor bensin bisa memengaruhi performa mesin dan dapa menyebabkan terjadinya knocking.
  • ¬†Kotornya filter udara. Selain itu, filter udara yang kotor dapat menyumbat aliran udara sehingga penggunaan bahan bakar menjadi boros dan menyebabkan mesin mengelitik pada RPM tinggi.

Itulah dia beberapa hal yang bisa Anda cek saat mobil mengalami knocking. Semoga membantu! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *