anak dan ayah
Ibu Anak

Terapkan Cara Pola Asuh Anak Ini Demi Perkembangan Karakternya

Setiap orang tua pasti memiliki caranya sendiri-sendiri untuk mendidik anaknya, tergantung kepada pengalaman dan referensi masing-masing. Namun, cara mendidik anak tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan dan sesuka hati orang tua saja karena hal ini dapat mempengaruhi sifat dan karakter si kecil di waktu mendatang. Pasti Anda tidak menginginkan si kecil untuk bertingkah yang tidak baik kepada Anda maupun teman sebayanya saat ia sedang bermain di tempat wisata edukasi anak di Jakarta. Memang tidak dapat dipungkiri bila si keci pasti berbuat salah dan berperilaku nakal setiap harinya, namun semuanya kembali lagi kepada Anda yang menanggulanginya. Untuk menghindari si kecil berperilaku nakal, akan lebih baik jika Anda memperhatikan dan memperbaiki pola asuh anak dengan cara-cara di bawah ini demi karakternya di masa mendatang.

Terapkan disiplin positif

Saat sedang menerapkan pola asuh kepada si kecil, usahakanlah untuk selalu mengatakan hal-hal yang positif kepada anak untuk membantunya membentuk pola pemikiran yang lebih baik. Jika anak sedang marah, janganlah balas kemarahannya dengan bentakan Anda. Berikanlah waktu untuknya meluapkan emosi sehingga puas kemudian tawarkan solusi untuk dirinya terima.

Pahami perasaannya

Terkadang orang tua lupa jika anak kecil juga memiliki perasaan yang perlu dimengerti oleh orang sekitarnya. Terkadang hanya karena si anak masih kecil, maka perasaannya tidak terlalu signifikan walaupun memang si kecil tidak terlalu memahami perasaan macam apa yang sedang ia rasakan. Anda sebagai orang tua seharusnya menjelaskan kepadanya jenis perasaan yang sedang ia miliki dengan menjelaskannya bahwa anak sedang senang saat ia tertawa dan sedih saat si kecil menangis.

Hindari judgement

Perkataan seperti ‘dasar nakal’, ‘dasar anak bodoh’ dan yang lainnya terkadang terucap karena orang tua merasa geregetan dengan si anak. hal ini merupakan judgement sepihak pada anak yang dapat membuat si kecil menjadi tidak percaya diri. Hindarilah perilaku buruk ini demi karakter yang akan tumbuh dalam diri si kecil.

Jauhkan trauma fisik dan psikis

Terkadang, orang tua yang sedang merasa lelah pasti akan lebih mudah untuk terpancing emosinya. Karena hal ini, tak jarang orang tua yang malah membentak bahkan memukul si kecil hanya karena tingkah lakunya yang kurang menyenangkan. Hal ini akan menjadikan anak yang memiliki karakter keras karena memiliki trauma sebelumnya.

Itu dia hal-hal yang perlu Anda lakukan dan hindari demi memiliki pola asuh anak yang baik demi perkembangan karakter si kecil. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.