pilek
Kesehatan

Redakan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Kondisi di mana hidung mengeluarkan lendir baik sesekali maupun terus-menerus atau yang biasa kita sebut sebagai pilek memang merepotkan. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja berapapun umurnya, terlebih saat kondisi cuaca sedang tidak menentu. Salah satu gejala pilek yang mengganggu selain hidung meler adalah hidung mampet

Meredakan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Anda bisa menggunakan obat pilek untuk meredakan hidung mampet baik yang dijual bebas maupun dengan resep dokter. Obat yang umum digunakan bagi orang dewasa adalah dekongestan atau obat semprot hidung. Namun, jika Anda merasa bahwa konsumsi obat hidung mampet dan hidung meler belum diperlukan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini:

  • Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dapat membantu mengencerkan lendir akibat hidung tersumbat. Caranya campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas lalu hirup uapnya untuk melegakan hidung yang tersumbat. Minyak kayu putih terbukti secara dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat seperti infeksi sinus. Anda bisa mendapatkan kayu putih di toko, apotek, atau apotek online.

  • Air hangat

Saat pilek, Anda sebaiknya banyak mengkonsumsi air hangat untuk menjaga suhu tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan sauna wajah dengan cara menempatkan wajah Anda di atas baskom berisi air panas. Gunakan handuk di wajah Anda untuk memerangkap uap, kemudian hirup uap tersebut. Hal ini dapat membantu menghilangkan keluhan hidung tersumbat.

  • Daun mint

Daun mint mengandung mentol yang bisa membantu Anda untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara mengendurkan saraf di dalam lubang hidung. Daun mint juga bisa mengeluarkan lendir serta membersihkan saluran hidung. Selain itu, sensasi hangat dari kandungan mentol akan meningkatkan aliran udara ke pernapasan. Daun mint dapat Anda gunakan secara topikal atau sebagai minuman.

  • Menggunakan humidifier

Alat pelembab udara akan membantu mencairkan lendir di dalam hidung. Selain itu, hindari penggunaan AC terlebih dahulu karena Anda membutuhkan udara yang hangat dan lembap untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Semoga cepat sembuh dan pastikan Anda menjaga kesehatan selama musim hujan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.