teknologi
Teknologi

Ragam Perkembangan Teknologi di Era Baru

New York Times mengamini bahwa tahun 2010 adalah titik awal perkembangan teknologi. Alasannya jelas, dari tahun tersebut teknologi terus merebak ke seluruh aspek kehidupan manusia. Sepuluh tahun berselang, kita dapat melihat bahwa pendapat tersebut benar adanya. Tidak hanya ponsel, kini perangkat elektronik lain seperti televisi, jam tangan—bahkan rumah pun diubah menjadi pintar. TV kabel dan internet hanyalah satu contoh sederhana dari kemajuan teknologi ini.

Ya, satu dekade lalu televisi hanyalah benda mati yang digunakan pemiliknya untuk menonton siaran berita maupun hiburan lokal. Kemudian, hadirlah istilah “televisi kabel”—yang membuat pemiliknya dapat menyaksikan siaran-siaran dari negara lain. Setelah layanan televisi kabel meluas, manufaktur televisi mulai membuat perangkat menonton yang juga bisa digunakan untuk mengakses internet. Inilah dia bukti nyata dari kemajuan teknologi.

Dari gadget personal, jam tangan pintar adalah perbincangan hangat pengguna dan penggemar teknologi beberapa tahun belakangan. Semuanya dimulai dari perilisan Apple Watch oleh Apple pada tahun 2015. Setelah itu, Xiaomi, Samsung, dan Huawei ikut mengeluarkan smart watch sendiri. Tak berbeda dengan televisi yang menjadi pintar, jam tangan pun kini tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu. Akan tetapi, sebagai pemonitor kesehatan penggunannya. Hingga awal 2020, bahkan, Apple sudah merilis smart watch-nya untuk seri yang kelima.

Benda mati sebesar dan sekompleks rumah pun tidak lepas dari perkembangan teknologi. Asisten virtual Amazon, Apple, dan Google adalah pemicunya. Ya, ketiga raksasa teknologi ini menciptakan asisten virtual yang dapat mengoperasikan benda-benda elektronik dalam rumah seseorang hanya melalui suara pemiliknya. Contohnya adalah memutar lagu dari pengeras suara, menyalakan atau mematikan lampu, ataupun menghidupkan mesin vacuum.

Perkembangan teknologi ini berjalan tak terlalu mulus di awal. Sebab, macam perangkat elektronik yang dimiliki seseorang di rumahnya sangat rumit. Jadi, tak terlalu banyak pengguna yang berhasil menggunakan teknologi ini. Akan tetapi, titik terang mulai terlihat ketika pada Desember lalu ketiga produsen ini bekerja sama untuk membuat patokan agar asisten virtual keluaran mereka dapat digunakan pada semua perangkat elektronik dalam rumah penggunanya.

Diperkirakan, beberapa tahun yang akan datang benda-benda dalam rumah yang dilengkapi asisten virtual akan saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga, pemilik tak perlu melakukannya sendiri lagi. Dengan demikian, rumah pun menjadi pintar.

Itulah dia sejumlah ragam perkembangan teknologi di era baru. Bersiaplah, barangkali dalam hitungan beberapa tahun saja semua hal baru di atas telah menjadi hal lumrah—dan teknologi pun terus berkembang lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.