nyetir mobil
Otomotif

Perhatikan Ini Saat Memilih dan Memasang Alarm Mobil

Pemilik mobil yang sudah melengkapi perlindungan asuransi kendaraan terbaik pada mobilnya memang tidak perlu khawatir ketika terjadi risiko menimpa mobil kesayangannya. Sebab perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atas risiko yang terjadi, termasuk ketika mobil hilang akibat pencurian. Meskipun begitu, tidak semua kehilangan mobil akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Misalnya saja ketikaa mobil hilang karena penipuan sehingga mobil dibawa kabur atau karena hipnotis. Sebab penyebab kehilangan tersebut termasuk ke dalam pengecualian pertanggungan asuransi.

Karena tidak semua kehilangan ditanggung oleh perusahaan asuransi, tentunya Anda harus memikirkan juga bagaimana cara pengamanan mobil kesayangan agar tidak dicuri orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan untuk pencegahan tersebut adalah dengan memasang alarm mobil.

Yap, alarm memang menjadi pilihan banyak orang, selain itu pada mobil sekarang semua produsen mobil telah melengkapi mobilnya dengan fasilitas ini. Namun, jika mobil Anda belum memilikinya atau Anda ingin mengganti alarm bawaan dengan yang baru, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut:

Fitur

Alarm lama biasanya hanya memiliki fitur standar yaitu untuk membuka dan mengunci kuncian pintu saja. Namun, pada alarm keluaran sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Misalnya saja seperti fitur GPS tracker, fitur pengontrol mesin dari kejauhan, dan sebagainya. Tentunya semakin banyak fitur yang dimiliki oleh alarm ini akan semakin mahal juga harganya.

Instalasi

Memasang alarm pada mobil tidak menjamin mobil Anda aman. Tahu kenapa? Sebab banyak pencuri mobil yang sudah lihai dalam mematikan fungsi alarm sehingga mereka tidak perlu takut alarm akan bunyi ketika membuka paksa mobil. Itulah sebabnya, mintalah bengkel yang memasang alarm mobil Anda untuk menempatkan kabel alarm di bagian dalam mesin yang sulit terjangkau. Setidaknya, jika penempatan kabel ini cukup jauh, maling akan membutuhkan waktu sebelum berhasil menjangkau dan mematikannya.

Pengaturan

Pemasangan alrm tidak selalu menguntungkan. Kenyataannya banyak juga alarm yang justru mengganggu orang lain akibat pengaturaan yang salah. Misalnya, sensor getaran yang terlalu sensitif sehingga alarm akan menyala ketika ada orang yang menyentuh mobil Anda tanpa sengaja atau ketika sedang ada petir besar alarm akan menyala. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu  apalagi ketika Anda tidak mengetahui bahwa alarm mobil Anda berbunyi sehingga tidak bisa langsung mematikannya.

Semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa memasang alarm yang tepat dan mobil Anda selalu aman, ya! (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *