asuransi keluarga
Asuransi

Perbedaan Asuransi Kecelakaan Diri dan Asuransi Jiwa

Asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa, keduanya sama-sama menanggung risiko kecelakaan. Oleh sebab itu, banyak orang yang bertanya-tanya apa beda antara kedua asuransi ini. Namun bagi yang sudah membeli asuransi murah untuk kecelakaan pasti sudah mengerti betul apa perbedaan asuransi kecelakaan dengan asuransi jiwa. Nah, buat Anda yang masih bingung, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Asuransi kecelakaan diri memberikan sebuah proteksi atau jaminan atas kerugian yang diakibatkan oleh suatu kecelakaan. Misalnya seperti cacat tetap, kematian, beserta biaya-biaya perawatan dan pengobatannya.

Asuransi ini tak hanya menanggung kecelakaan yang terjadi saat berkendara saja tapi juga yang disebabkan oleh hal-hal lainnya seberti, terkena zat beracun, terkena gas akibat perbuatan orang jahat, atau terasing di tempat sepi karena bencana (source: kreditgogo.com)

Namun, tidak semua jenis kecelakaan ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri. Hal-hal seperti: kecelakaan secara disengaja, akibat huru hara, pemberontakkan, dan juga perang biasanya tidak akan dicover oleh pihak asuransi.

Lantas, apa bedanya asuransi kecelakaan diri dengan asuransi jiwa?

Ya, seperti yang kita tahu, asuransi jiwa juga kan memberikan pertanggungan jika terjadi kecelakaan-kecelakaan seperti yang telah disebutkan di atas. Namun asuransi jiwa yang umum biasanya hanya memberi santunan ketika pemegang polis meninggal. Sedangkan asuransi kecelakaan diri tidak hanya sebatas memberi santunan tapi juga memberikan kompensasi atas peristiwa kecelakaan. Jadi misalnya pemegang polis mengalami cacat total sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan secara normal, asuransi kecelakaan diri akan menanggungnya.

Selain itu, asuransi jiwa umum biasanya hanya memberi pertanggungan ketika pemegang polis meninggal dalam kecelakaan. Sedangkan jika tidak meninggal, asuransi jiwa tidak akan memberikan pertanggungan. Berbeda dengan asuransi kecelakaan yang tetap menanggung kerugian jika terjadi kecelakaan, baik pemegang polis selamat atau meninggal dunia.

Jadi asuransi kecelakaan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kecelakaan, sedangkan asuransi jiwa hanya menanggung apabila pemegan polis meninggal dalam kecelakaan.

Bagaimana, sudahkah Anda mengerti apa perbedaan asuransi jiwa umum dengan asuransi kecelakaan? Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *