sosis
Makanan

Penting, Kenali Jenis-jenis Kulit Sosis!

Makanan beku atau frozen food seperti Indonesian canned sausage memang merupakan bahan makanan yang sangat praktis karena dalam menyiapkannya tidak membutuhkan waktu yang lama bahkan ada juga jenis sosis yang dapat langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Karena kemudahannya inilah, biasanya orangtua sering membekali anaknya sosis sebagai makanan camilan untuk bekal di sekolah. Sosis juga memiliki berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, untuk jenis sosis yang harus dimasak terlebih dahulu memiliki kulit yang harus diperhatikan sebelum mengolahnya. Ada beberapa produsen sosis yang menggunakan kulit sosis yang dapat dikonsumsi, namun ada juga yang tidak dapat dikonsumsi sehingga harus dikelupas terlebih dahulu sebelum dimasak. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kulit sosis yang biasa digunakan.

  • Kulit Sosis Kolagen

Kulit sosis dengan jenis ini biasanya terbuat dari kulit hewan besar. Penggunaan kulit jenis ini juga memiliki banyak keuntungan yang berupa dapat diwarnai, dapat dikonsumsi dan dapat melekat pada produk. Keunikan lainnya yang dimiliki oleh jenis kulit sosis yang satu ini adalah teksturnya yang dapat membuat sosis terlihat kenyal dan padat sehingga menarik untuk dikonsumsi. Maka dari itu, jika sosis yang kamu miliki dibungkus dengan kulit jenis ini maka lebih baik untuk tidak dibuang, ya. Hal ini dikarenakan sensasinya yang unik ketiga menggigit sosis dengan kulit jenis ini.

  • Kulit sosis alami

Sebelum adanya kulit sosis yang dibuat oleh manusia, usus hewan biasanya dijadikan pengemas alami untuk sosis. Kulit sosis alami yang terbuat dari usus hewan memiliki beberapa keuntungan yang antara lain, dapat dikonsumsi, bergizi tinggi, melekat pada produk, rasa menjadi lebih gurih dan tekstur yang khas. Namun, jenis kulit yang satu ini membuat sosis menjadi tidak tahan lama.

  • Kulit sosis selulosa

Karena selulosa sangat keras, maka kulit sosis jenis ini harus dikupas terlebih dahulu sebelum diolah karena tidak dapat dikonsumsi. Selulosa itu sendiri merupakan serat kayu alami yang berbahan bau pulp. Namun dibalik fakta bahwa kulit jenis ini tidak dapat dikonsumsi, terdapat keuntungan dari menggunakannya juga, lho. Antara lainnya adalah bungkus selulosa dapat dicetak dan diwarna dengan murah.

Demikianlah sederet bahan-bahan yang digunakan untuk dijadikan kulit sosis. Sekarang kamu dapat membedakannya, kan? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.