Patung Kumbakarna
Travel

Patung Kumbakarna, Lambang Keberanian dan Jiwa Kesatria

Patung, merupakan sesuatu yang akan sering kamu temui saat sedang berwisata ke Bali. Bahkan mungkin kamu akan menemukannya juga di area Hotel di Seminyak Bali tempatmu menginap. Wajar saja, karena patung merupakan sesuatu yang memiliki makna penting bagi masyarakat Bali. Tidak hanya itu, beberapa patung juga dibuat khusus dengan tujuan untuk mengenang sebuah kisah tertentu, salah satunya yaitu Patung Kumbakarna.

Bagi kamu yang sudah sering membaca kisah Ramayana, mungkin sudah mengenal tokoh Kumbakarna. Hanya saja, Kumbakarna sering digambarkan sebagai tokoh raksasa pemalas yang hanya tidur saja kerjanya. Padahal ternyata, Kumbakarna merupakan tokoh yang memiliki jiwa ksatria dan siap membela negaranya apa pun taruhannya.

Seperti yang sudah diketahui, dalam kisah Ramayana, perang antara Ayodya dan Alengka terjadi akibat Rahwana yang menculik Shinta sehingga Rama berjuang untuk mengambil Shinta. Pada saat terjadi perang dan sudah banyak yang gugur di dalamnya, termasuk juga anak dari Kumbakarna, Kumbakarna berusaha untuk mengubah pikiran Rahwana dengan menasehatinya. Sebab, Kumbakarna menyadari bahwa peperangan tersebut terjadi akibat kesalahan kakaknya.

Namun sayang, Rahwana tidak mau mendengarkan nasehat dari Kumbakarna dan memilih untuk melanjutkan perang. Meskipun Kumbakarna sama sekali tidak setuju dengan peperangan tersebut, tetapi Kumbakarna memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Akhirnya Kumbakarna memilih untuk maju ke medan perang demi membela negaranya dan tewas akibat anak panah yang dilepaskan oleh Rama.

Dalam perang tersebut, Kumbakarna harus menghadapi pasukan kera yang berjumlah sangat banyak. Bagian kisah inilah yang kemudian dijadikan dasar pembuatan patung Kumbakarna di Bali. Itulah sebabnya, Patung Kumbakarna ini dibuat dengan menggambarkan sosok Kumbakarna yang terlihat beringas dengan beberapa kera di sekitarnya.

Hingga saat ini, patung tersebut menjadi salah satu ikon yang paling terkenal di Bali. Banyak wisatawan yang tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto di depannya. Untuk kamu yang berminat melihat langsung megahnya patung ini, bisa langsung datang ke lokasi saat ke Bali. Patung yang diberi nama Patung Kumbakarna Laga ini berada di Jalan Kebun Raya Eka Karya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Selamat berwisata!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.