epiroc
Bisnis

Menilik Sepak Terjang Epiroc di Pasar Asia Tenggara

Bagi Anda yang bekerja di industi pertambangan, nama Epiroc pastinya sudah tidak asing lagi. Pasalnya, perusahaan yang didirikan di Stockholm, Swedia, ini berfokus pada pengembangan industri pertambangan, konstruksi, infrastruktur, dan juga sumber daya alam di lebih dari 150 negara. Banyak sekali mesin serta peralatan penggalian yang disediakan oleh Epiroc, mulai dari drill rigs, excavator attachments, rock drilling tools, ventilation systems, hingga flow meter Indonesia. Coba cek equipment yang Anda gunakan di lapangan, hampir semuanya pasti berasal dari Epiroc.

Epiroc Southern Asia mulai dibentuk pada September 2017, setelah berganti nama dari Atlas Copco Nusantara. Perubahan nama ini tentu bukan tanpa sebab. Untuk membidik masing-masing segmen, Atlas Copco membentuk Epiroc yang akan fokus di industri pertambangan sementara Atlas Copco akan fokus di bidang industrial. Epiroc sendiri berasal dari istilah Yunani dan Latin yang berarti ‘di atas atau pada batuan’. Nama ini juga mengandung visi misi perusahaan, sejalan dengan tagline ‘United by performance. Inspired by Innovation’, yang membuat Epiroc untuk terus berinovasi dan menjadi leader di dunia pertambangan.

Untuk menilik sepak terjang Epiroc di pasar Asia Tenggara, tampaknya semua bermula dari Atlas Copco dan Fluidcon Jaya, yang sudah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Di bulan Desember 2007, Atlas Copco mengambil alih Fluidcon Jaya untuk meningkatkan penetrasi pasarnya, yang kemudian memperoleh posisi yang kuat di 10-12 cabang. Di tahun 2011, nama perusahaan Atlas Copco diganti menjadi PT Atlas Copco Fluidcon. Nama ini tidak berlangsung lama, karena di tahun 2012 PT Atlas Copco Fluidcon berubah menjadi PT Atlas Copco Nusantara untuk mencerminkan dan menjadi penghargaan perusahaan terhadap peninggalan budaya Indonesia.

Sejak saat itu, banyak kemajuan-kemajuan dan pengembangan perusahaan yang dilakukan oleh PT Atlas Copco Nusantara. Mulai dari sentralisasi fasilitas dalam 6 cabang utama, pembukaan resmi pusat Remanufacturing di Balikpapan pada pertengahan tahun 2014, hingga membentuk dua perusahaan kelas dunia pada awal tahun 2017 yakni Atlas Copco dan Epiroc. Puncaknya, PT Atlas Copco Nusantara berubah menjadi PT Epiroc Southern Asia untuk menawarkan solusi menyeluruh untuk segmen usaha pertambangan, konstruksi, eksplorasi mineral, energi panas bumi, dan segmen usaha lainnya di seluruh nusantara.

Epiroc tak hanya beroperasi di Indonesia saja, tetapi juga sudah mendukung negara lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Timor Timur, dan Brunei Darussalam. Tidak hanya itu, Epiroc tak hanya menjual produk bermerek Epiroc saja tetapi juga rangkaian produk Fluidcon. Fluidcon sendiri merupakan bagian dari dari Epiroc yang bergerak sebagai distributor resmi atas beberapa peralatan pertambangan terkemuka.

Bagi Anda yang ingin menelisik lebih lanjut soal Epiroc dan produk-produknya, silakan kunjungi situs resmi Epiroc di www.epiroc.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.