potensial diri
Informasi

Mengenal Potensi Diri untuk Kesuksesan Karier

Perkembangan dan kemajuan seseorang dalam dunia kerja tidak diawali dari jurusan yang dipilihnya saat di bangku kuliah dan posisi pertama saat bekerja semata. Sebuah kisah tentang seorang research analyst yang menemui Robert Kaplan, President and Chief Executive Federal Reserve Bank of Dallas, membuktikan demikian. Meski telah menjadi seorang analis terbaik di sebuah sekuritas ternama selama 10 tahun, sosok itu merasa terjebak dalam posisi yang salah. Hal ini tak dapat dilepaskan dari ketidakpuasannya atas posisi research analyst yang diembannya.

Sejak dulu dia ingin menjadi investment manager, dan salah satu modal seorang investment manager adalah kemampuan menganalisis pasar. Kaplan kemudian menyarankan ia untuk mengajukan perubahan karier kepada atasannya. Ternyata, orang tersebut memiliki kemampuan analisis yang dibutuhkan sehingga dapat menempati posisi investment manager sesuai dengan yang diinginkan. Dapat disimpulkan bahwa kesuksesan karier seseorang juga bermula sejak seseorang memahami betul apa saja potensi dirinya.

Lantas, bagaimana cara seseorang mengenal potensi dirinya?

Mengatur standar sukses

Kaplan berpendapat bahwa untuk bisa mengenal potensi diri dengan maksimal, seseorang perlu memulai dari mencari tahu apa makna kesuksesan bagi dirinya sendiri. Apakah sukses itu ketika mempunyai gaji puluhan juta per bulan? Apakah sukses itu ketika memiliki aset seperti rumah, mobil, motor, dan lain sebagainya? Apakah sukses itu ketika berhasil menduduki sebuah posisi serta memberikan banyak manfaat untuk orang lain? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini, seseorang bisa mengatur langkah-langkah konkret untuk mencapai kesuksesannya.

Merefleksikan diri

Kaplan mengatakan, tak banyak orang yang bisa dan berani melakukan proses ini. Pasalnya, merefleksikan diri bukan sekadar memakan waktu, namun juga menggali kerendahan hati dan kemauan untuk menerima kekurangan, ketakutan, dan ketidaktahuan akan diri sendiri. Meski demikian, proses refleksi diri akan sangat membantu seseorang yang ingin maju dalam dunia kerja. Sebab ketika seseorang sudah memahami ketiga hal tersebut, akan lebih mudah baginya untuk berkembang—dengan menghindari atau meningkatkan apa yang belum dikuasainya.

Mengetahui kemauan

Kiat terpenting dalam mencapai kesuksesan karier adalah mengetahui kemauan diri sendiri. Hal ini sejalan dengan pandangan Kaplan. Bahwa ketika seseorang mengerjakan apa yang disukainya, kesulitan dan kelemahan dapat teratasi lebih mudah dengan adanya kekuatan dari bekerja sesuai kemauan.

Melakukan asesmen

Tahap terakhir yang bisa dilakukan seseorang untuk mencapai kesuksesan karier adalah dengan melakukan asesmen. Melansir situs One 4 One, https://onefour.one/, hasil dari kegiatan ini akan memberikan informasi lengkap mengenai minat pekerjaan, potensi yang dimiliki, serta rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan orang tersebut.

Itulah dia 4 cara yang dapat seseorang tempuh untuk mengenal potensi diri demi kesuksesan kariernya. Setelah memahami potensi diri, seseorang yang ingin sukses dalam karir juga harus siap berkorban. Seperti orang tersebut, yang berani berkorban dengan keluar dari zona nyaman untuk mengejar karir impiannya. Semoga informasi di atas berguna, ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.