data center
Teknologi

Mengenal Lebih Dekat Data Center dan Keuntungannya!

Di dalam sebuah perusahaan pastinya dibutuhkan data center. Lantas, apakah yang dimaksud dengan data center? Data center atau pusat data merupakan ruangan yang dirancang untuk menempatkan server komputer, penyimpanan data, sekaligus informasi bisnis dari sebuah perusahaan yang terhubung ke jaringan internet. Dengan memanfaatkan data center ini, dipercaya bisa membantu melancarkan kegiatan operasional perusahaan serta menjamin keamanan data perusahaan tersebut. Untuk itulah, keberadaan data center seperti IBM data center Indonesia, misalnya sangat diperlukan dalam perusahaan.

Melansir dari teknoiot.com, meski data center ini kerap disebut benda tunggal, namun nyatanya data center terdiri dari beberapa elemen teknis misalkan pengontrol/pengendali pengiriman aplikasi, server, sistem penyimpanan, perangkat keamanan, sakelar, router, switch, dan lain sebagainya.  Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat jika memanfaatkan layanan dari data center ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Data tersimpan dengan aman. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh bila menitipkan data perusahaan pada data center ini adalah data tersimpan dengan aman. Meskipun nanti terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan banjir, maka data tersebut tidak akan hilang bahkan rusak. Jadi, dengan begini tentunya perusahaan tetap bisa melakukan kegiatan operasional tanpa harus menunggu waktu pemulihan karena data sudah disimpan dengan sangat aman.
  • Menghemat pengeluaran. Yang lebih keren, dengan menggunakan data center ini akan lebih menghemat pengeluaran perusahaan. Hal ini karena proteksi yang ditawarkan oleh penyimpanan data satu ini sudah sangat sempurna sekaligus teruji. Dengan demikian, perusahaan tentu tidak akan mengeluarkan banyak uang pada saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada data.
  • Memberikan performa terbaik. Tidak perlu khawatir jika data perusahaan terkena virus, bencana alam, maupun malware karena data tersebut tidak akan rusak dan hilang sebab dijamin oleh pihak provider data center. Bukan cuma itu, data center juga memberi kapasitas besar untuk menyimpan file sehingga perusahaan lebih leluasa menyimpan data di dalamnya.

Selain keuntungan yang sudah dipaparkan di atas, masih ada keuntungan lainnya, seperti:

  • Memiliki sistem power supply sehingga tidak akan mengganggu sumber daya listrik.
  • Kecepatan pemrosesan data bisa ditingkatkan hanya dalam hitungan jam.
  • Penyimpanan tambahan bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Itulah pengertian dari data sekaligus keuntungan yang diberikannya. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *