sap fico
Industri

Mengenal Lebih Dalam SAP FICO

SAP FICO adalah salah satu jenis SAP yang cukup banyak digunakan oleh SAP Partner Indonesia maupun kliennya. SAP ini sebenarnya adalah dua SAP yang terpisah tetapi sering saling diintegrasikan karena sangat bermanfaat mendukung sistem perusahaan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lebih detail mengenai SAP FICO berdasarkan situs tutorialspoint.com.

SAP FICO merupakan hasil integrasi dari SAP FI (Financial Accounting) dan SAP CO (SAP Controlling).

SAP FI (Financial Accounting)

SAP FI merupakan SAP yang digunakan untuk mengelola data finansial perusahaan. Ini adalah salah satu modul yang sangat penting dalah SAP ERP. Perusahaan yang menggunakan SAP ini bisa mengelola data finansial perusahaan multinasional (yang berada di berbagai negara sekaligus), data dengan berbagai mata uang, dan juga bahasa. Beberapa komponen keuangan yang dapat dikelola oleh SAP ini adalah:

  • Aset tetap
  • Jurnal kas
  • Stok atau invetory
  • Pajak
  • Dan sebagainya

SAP CO (SAP Controlling)

SAP ini tidak kalah penting dari SAP FI karena SAP ini mendukung koordinasi, pemantauan, dan juga optimalisasi semua proses yang berlangsung dalam perusahaan. Pada SAP ini akan tercatat seluruh konsumsi faktor produksi dan juga layanan yang disediakan oleh perusahaan. SAP ini sangat berperan penting dalam proses analisa perencanaan perusahaan karena Anda bisa membandingkan data aktual dengan data lainnya untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait pengontrolan aliran bisnis.

SAP FICO (Integrasi SAP Financial Accounting dan SAP Controlling)

SAP yang saling terintegrasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola semua data keuangannya. Data ini nantinya akan dianalisa dan dijadikan salah satu dasar penting dalam pembuatan perencanaan bisnis ke depannya. Dengan adanya integrasi antara keduanya, maka pengambilan keputusan akan menjadi lebih efektif. Sebab, pengambil keputusan tidak hanya melihat dan menganalisa data dari satu sisi saja, tetapi juga dari sisi lainnya. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan SAP ini sekaligus, itulah sebabnya SAP yang terintegrasi ini disering dikenal sebagai satu modul yaitu SAP FICO. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *