cloud server
Internet

Mengenal Jenis-Jenis Server dan Fungsinya

serverDi era digital ini, mengenal istilah-istilah teknologi sudah menjadi suatu kewajiban. Apalagi jika Anda memiliki sebuah bisnis. Sebab, sekarang sudah banyak industri bisnis (mulai dari bisnis kecil hingga besar) yang telah melakukan transformasi digital. Misalnya saja dengan menggunakan infrastruktur IT terintegrasi seperti yang disediakan oleh HPE Simplivity indonesia. Beberapa kelebihan Infrastruktur ini adalah mampu menggabungkan kapasitas server, storage, dan network dalam satu pool. Namun untuk memahami cara kerja infrastruktur IT modern seperti ini, tentunya Anda perlu mengetahui lebih dalam komponen IT yang lebih sederhana terlebih dahulu, misalnya saja server.

Ya, server merupakan komponen IT yang sangat penting. Sederhananya, server dapat mempersingkat waktu dan memudahkan transfer dari klien. Namun, server memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung dengan jenisnya. Nah, sudah tahukah Anda apa saja jenis-jenis server tersebut? Coba simak daftarnya di bawah ini:

  • Proxy server. Proxy server berada di antara program klien dan server eksternal untuk memfilter permintaan, meningkatkan kinerja, dan membagikan koneksi.
  • Application server. Bertugas untuk mengolah perintah dari klien dan menghubungkannya dengan database.
  • Real-Time Communication Server. Server ini sebelumnya dikenal sebagai chat server atau IM server. Server ini memungkinkan pengguna dalam jumlah besar untuk bertukar informasi dengan instan.
  • Mail server. Sesuai dengan namanya, mail server berfungsi untuk memindahkan dan menyimpan berbagai macam email melalui jaringan perusahaan (LAN dan WAN) dan juga melalui internet.
  • News server. Menyebarkan berbagai macam berita melalui news network.
  • Web server. Web server berfungsi menyimpan konten pada website dengan memuat file dari disk dan menampilkannya di seluruh jaringan ke web browser pengguna. Proses ini dimediasi oleh browser dan server yang berkomunikasi menggunakan HTTP.
  • Audio dan video server. Berfungsi untuk menyimpan fitur multimedia pada sebuah website.
  • List server. Server ini berfungsi untuk mengelola mailing lists, apakah merupakan sebuah diskusi interaktif, announcements, newslettes atau advertising.
  • Telnet server. Memungkinkan user untuk log on ke komputer host dan mengatur komputer tersebut.
  • FTP server. FTP atau File Transfer Protocol bertugas untuk mengatur data transfer dalam sebuah jaringan.

Ternyata ada banyak bukan jenis-jenis server yang perlu diketahui? Semoga informasi ini bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *