televisi
Elektronik

Menentukan Ukuran TV yang Tepat

Sampai saat ini, TV masih menjadi salah satu barang elektronik yang harus ada di rumah. Bahkan, banyak juga yang menggunakan TV layar besar pada ruang keluarga dan kemudian TV LED 32 inch terbaik di kamar. Jadi kapan pun ingin menonton TV tidak masalah, bahkan meski sesaat sebelum tidur sekali pun.

Ya, ukuran TV pada kamar memang biasanya lebih kecil dibandingkan dengan ruang keluarga atau ruang menonton. Hal ini disebabkan karena ukuran ruangan kamar yang umumnya lebih terbatas sehingga jika terlalu besar menjadi tidak efektif dan justru bisa membuat kamar terkesan sempit. Namun, selain dari ukuran ruangan, ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan ukuran TV yang akan dibeli:

  • Jarak menonton

Banyak orang yang hanya fokus pada ukuran ruangan saja saat menentukan ukuran TV yang perlu dibeli. Padahal kenyataannya yang harus diperhatikan adalah jarak menontonnya, bukan ukuran ruangan. Sebab saat ini banyak yang mendesain ruang keluarganya dengan meletakkan sofa pada bagian tengah, sehingga jarak menontonnya berbeda dengan ukuran ruangan.

Dari jarak menonton ini, ada rumus yang bisa digunakan untuk menentukan ukuran TV. Menurut situs tomsguide.com bisa menggunakan perbandingan 2:1, yaitu 2 jarak menonton berbanding 1 ukuran TV. Artinya jika jarak menontonnya sekitar 120inci, maka ukuran TV yang sebaiknya dipilih adalah 60inci.

  • Resolusi TV

Ukuran di atas bisa dikatakan adalah hitungan secara general. Namun jika TV yang dipilih memiliki resolusi yang lebih baik maka perbandingannya akan berubah menjadi 1.5:1. Artinya ukuran TV yang dibutuhkan untuk jarak yang sama akan lebih besar.

Namun, penghitungan mengenai ukuran TV yang sebaiknya dipilih bisa berbeda pada setiap brand TV. Ada yang menyarankan untuk menggunakan rumus jarak pandang/3 saat menentukan ukuran TV, dan mungkin juga rumus lainnya. Jadi keputusan ada di tangan Anda ingin mengikuti rumus yang mana. Apalagi terkadang kenyamanan jarak menonton setiap orang bisa saja berbeda, tergantung juga pada kondisi kesehatan mata seseorang. Semoga bermanfaat! (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.