Travel

Mau Mudik Hemat? Begini Caranya!

Mudik menjadi salah satu momen paling ditunggu-tunggu kehadirannya, terutama bagi para perantau. Bukan tanpa sebab, di saat mudik ini mereka bisa berkumpul bersama keluarga tercinta dan sanak saudara di rumah karena itulah momen ini sangat dimanfaatkan oleh perantau. Meskipun demikian, sungguh sayang, harga mudik tahun ini terbilang cukup mahal dan tidak sedikit yang mengeluh akan harganya. Tenang, tak usah khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar perjalanan mudikmu murah dan tidak berat di ongkos. Nah, agar mudik aman, jangan lupa lindungi diri dengan asuransi perjalanan untuk mudik, ya! Ini tipnya! (source: IDNTimes)

  • Beli tiket beberapa bulan sebelum mudik. Kalau membeli tiket pesawat, biasanya kamu membelinya mepet Lebaran atau sudah membeli dari beberapa bulan sebelumnya? Hmm, sebagian dari kamu mungkin ada yang membelinya mepet, kan? Namun, melakukan ini sangat tidak disarankan, loh. Selain tidak mendapatkan tiket mudik, harga tiket pun biasanya mengalami peningkatan, sebab itulah kamu sangat disarankan membeli tiket beberapa bulan sebelum Lebaran. Harganya tentu jauh lebih murah dan tidak terlalu mahal.
  • Rajin mengecek promo dan diskon. Rajinlah mengecek promo dan diskon dari agen travel maupun aplikasi penjualan tiket online. Dengan begini, kesempatan kamu mendapatkan tiket murah tentu akan semakin tinggi. Apabila di saat pengecekan harga tiket turun dan ada promo, kamu disarankan untuk langsung membelinya.
  • Manfaatkan mudik gratis. Biasanya, beberapa hari menjelang Lebaran banyak banget tawaran mudik gratis melalui jalur darat dan laut. Tak hanya dari pemerintah, mudik gratis tersebut pun diselenggarakan oleh berbagai kalangan seperti perusahaan swasta, partai, organisasi masyarakat, dan sebagainya. Nah, coba kamu manfaatkan mudik gratis yang ditawarkan ini. Selain seru, mudik gratis ini lebih hemat pengeluaranmu ketika Lebaran.
  • Bawa barang secukupnya saja. Suka membawa banyak barang ketika mudik? Hmm, mulai dari sekarang cobalah untuk tidak melakukan itu. Selain ribet, terlalu banyak membawa barang ditakutkan nanti kamu malah harus membayar kelebihan bagasi. Ini tentu akan membuat pengeluaran menjadi bertambah, bukan? Untuk itu, ketika mudik, bawalah barang secukupnya saja.

Selain itu, ada baiknya jika kamu membawa camilan untuk menjadi teman seru saat mudik. Daripada kamu harus membeli camilan di jalan, kan lebih hemat jika membawa sendiri dari rumah! Itu dia beberapa tips mudik hemat yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *