Makanan

Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Coba

Wisata kuliner adalah kegiatan yang menyenangkan. Mencicipi satu demi satu menu yang disajikan di atas meja menghadirkan sensasi kenikmatan tersendiri. Terlebih, bila santapan yang hendak kamu makan merupakan sesuatu yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Barangkali pernah terbesit di benakmu soal efek samping aktivitas ini. Akan tetapi, kalau kamu sudah punya asuransi kesehatan keluarga, pasti hari-harimu ketika berwisata kuliner akan lebih nyaman. Kamu tidak akan repot lagi bila tiba-tiba harus melakukan perawatan gigi selepas berwisata kuliner, kan?

Nah, karena kesehatanmu sudah terjamin, maka kamu dan anggota keluargamu bisa berkunjung ke restoran khas Sulawesi Selatan terdekat dan mencoba beberapa menu berikut:

Coto Makassar

Coto Makassar
Coto Makassar

Menu wajib pertama yang harus kamu cicip saat ke restoran khas Makassar adalah Coto Makassar. Panganan ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil, berisikan daging dan isi perut sapi yang direbus dalam campuran kurang lebih 40 rempah-rempah. Beberapa restoran juga menyajikan Coto Makassar dengan isi tambahan seperti lidah, otak, limpa, paru, hati, babat, dan jantung sapi. Makanan ini biasanya disajikan dengan ketupat (atau buras), yang diletakkan di piring terpisah. Kamu tinggal memotong-motong buras dan mencelupkan ke dalam kuah Coto Makassar-mu, lalu rasakan nikmatnya!

Konro Bakar dan Sup Konro

Konro Bakar
Konro Bakar

Tidak elok rasanya sudah berkunjung ke restoran Makassar namun melewatkan menu yang satu ini. Konro Bakar berbahan utama iga sapi, yang dibakar di atas arang dan disirami dengan kuah konro (bertekstur kacang) pedas. Konro Bakar sebetulnya menu variasi dari Sup Konro, yang merupakan sup iga sapi kaya akan rempah. Seperti Coto, Sup Konro juga lekat disajikan dengan ketupat atau buras. Kalau ingin merasakan keduanya, sebaiknya kamu memesan Konro Bakar dan kuah Sup Konro. Jadi, keringnya iga bakar dapat kamu cicipi, segarnya kuah Sup Konro juga tidak kamu lewatkan.

Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung

Es Palu ButungSudah kenyang dengan menu sup dan bakaran, saatnya menutup perjalanan wisata kulinermu dengan dessert ini. Kamu bisa menemukan salah satu, atau bahkan kedua, menu penutup ini di restoran khas Makassar yang kamu kunjungi. Minuman es ini sebetulnya hampir sama, yang membedakan hanya pisang yang digunakan dan tampilan pisang itu sendiri. Es Pisang Ijo umumnya menggunakan pisang kapok, sedangkan Es Palu Butung biasanya memakai pisang raja. Es Pisang Ijo memiliki selimut berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras, santan, dan pewarna hijau dari daun pandan. Menyisip es pisang setelah menu berat Coto dan Konro akan menghilangkan begah yang mampir di lambungmu.

Itu dia 3 menu dari Sulawesi Selatan yang wajib kamu pesan saat mengunjungi restoran khas Makassar. Selamat berwisata kuliner!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *