segitiga pengaman
Otomotif

Kendaraan Bermasalah di Jalan Tol? Lakukan Hal Ini!

Mungkin Anda sudah pernah berada pada situasi ini: mobil Anda tiba-tiba mogok dan Anda sedang berada di jalan tol. Sulit rasanya untuk meminta bantuan karena Anda tengah berada di jalan bebas hambatan. Namun demikian, jangan terburu-buru cemas dan panik. Tetaplah berpikir jernih dan lakukan hal-hal di bawah ini. Sebab meski sudah melengkapi diri dengan asuransi kecelakaan diri, Anda pun harus tetap mengedepankan motto safety first ketika berada di jalan raya, apa pun keadaannya.

Ini beberapa hal yang harus Anda lakukan jika mobil Anda mogok di jalan tol:

Ambil jalur paling kiri

Jika Anda merasakan mobil Anda bermasalah, kurangi kecepatan dan pinggirkan kendaraan di jalur paling kiri. Anda bisa memanfaatkan bahu jalan ini untuk memeriksa kendaraan.

Nyalakan lampu hazard

Sebelum keluar dari kendaraan, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard sebagai penanda untuk pengguna jalan lain bahwa kendaraan Anda sedang berhenti karena bermasalah.

Waspada ketika turun dari mobil

Ketika hendak keluar dari mobil, cek situasi jalur di sebelah Anda. Jika aman dan memungkinkan, dalam artian tak ada kendaraan yang melaju kencang dari arah belakang, barulah keluar dan buka pintu secukupnya.

Pasang segitiga pengaman

Jika Anda memiliki segitiga pengaman di mobil, jangan lupa untuk memasangnya di belakang kendaraan Anda dengan jarak beberapa puluh meter. Hal ini berfungsi untuk memberitahukan pengguna jalan lain dan mengurangi risiko tabrak dari belakang.

Cek masalahnya

Tak ada salahnya mengecek kondisi mobil Anda dan mencari tahu di letak masalahnya. Jadi, jika Anda punya sedikit pengetahuan otomotif, bisa dimanfaatkan untuk memperbaikinya.

Hubungi pihak asuransi

Nah, jika Anda tak tahu apa yang harus dilakukan segeralah menghubungi pihak asuransi untuk memberitahukan posisi kendaraan Anda. Beberapa asuransi kendaraan memiliki layanan derek gratis yang bisa membantu menarik kendaraan ke bengkel rekanan terdekat.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya dilakukan ketika kendaraan bermasalah di jalan raya. Jika Anda kebetulan tak memiliki asuransi dan tak bisa memperbaiki kendaraan Anda, bisa langsung hubungi jasa derek yang disediakan Jasa Marga untuk membawa kendaraan ke pintu keluar tol terdekat. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *