diabetes pada bayi
Ibu Anak

Ini Penyebab Bayi Baru Lahir Menderita Diabetes

Siapa sangka, penyakit diabetes yang kerap menyerang orang dewasa ini juga bisa terjadi pada bayi. Tak sedikit bayi baru lahir mengalami kondisi ini, yang mana bisa mengganggu kesehatan tubuhnya hingga tumbuh menjadi anak-anak. Untuk itu, mewaspadai penyakit seperti diabetes gestasional ketika masa kehamilan dan rutin cek gula darah merupakan pilihan terbaik untuk mencegah supaya bayi tidak terserang penyakit satu ini.

Di samping itu, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan mengapa bayi bisa menderita diabetes, di antaranya adalah sebagai berikut: (source: hamil.co.id)

Kekebalan tubuh lemah

Salah satu penyebab bayi rentan mengalami diabetes adalah karena kekebalan tubuhnya yang masih sangat lemah. Beberapa makanan sehat yang terkadang dikonsumsi justru menyerang sel-sel sehat sehingga menyebabkan pankreas menghancurkan insulin. Akibatnya, gula darah pada bayi menjadi tidak terkendali karena itulah menyebabkan diabetes.

Ibu bayi menderita diabetes gestasional

Penyebab lainnya adalah karena ibu bayi menderita penyakit diabetes gestasional saat masa kehamilan. Melansir dari hamil.co.id, biasanya kondisi ini terjadi akibat bayi menyerap kadar gula dalam jumlah banyak dari tubuh si Ibu. Penyerapan gula ini terbawa dan diubah menjadi nutrisi dan disalurkan melalui plasenta.

Diserang virus autoimun

Jika saat hamil ibu bayi menderita penyakit autoimun, maka sangat memungkinkan jika bayi menderita diabetes. Hal ini disebabkan karena sel sehat pada bayi menyerang sel-sel sehat itu sendiri. Apabila sel sehat yang rusak adalah pankreas, tentu saja membuat kadar gula darah di tubuhnya menjadi sangat tinggi.

Ibu bayi menderita obesitas

Ibu bayi yang mengalami obesitas ketika hamil juga sangat berisiko menyebabkan bayi lahir diabetes. Ini karena penderita obesitas memiliki kadar gula sangat tinggi dan kadar gula yang tinggi ini diterima oleh bayi sejak dalam kandungan lalu tidak akan berubah setelah bayi dilahirkan.

Selain beberapa penyebab yang sudah dituliskan di atas, masih ada penyebab lainnya, seperti:

  • Pengaruh dari susu formula yang dikonsumsi bayi.
  • Memiliki riwayat diabetes dalam keluarga.
  • Bayi memiliki kelainan genetik yang memudahkannya menderita diabetes.

Melihat banyaknya faktor penyebab yang bisa memicu bayi rentan menderita diabetes, lantas apakah penyakit diabetes pada bayi ini bisa dicegah? Meski tidak mungkin bisa dicegah 100%, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko bayi terkena diabetes, misalnya membatasi konsumsi gula. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.