souvernir
Travel

Ini Dia Souvenir dari Bali yang Bisa Kamu Jadikan Oleh-oleh

Entah tradisi dari mana, kegiatan berlibur tidak absah rasanya bila tidak membawakan oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga di rumah. Sebagian besar orang memilih untuk membelikan buah tangan berupa makanan atau jajanan khas kota tempatnya berlibur. Pertimbangannya adalah camilan dapat dibeli dalam jumlah yang besar dan dibagi rata. Namun, kekurangan makanan—terutama yang basah—adalah tidak tahan lama. Jadi, membawakan souvenir sebagai oleh-oleh merupakan opsi yang cukup baik. Tersebar sekitar hotel di Denpasar Bali, beberapa toko souvenir di bawah ini dapat kamu temukan:

Threads of Life

Seperti namanya, Threads of Life, merupakan bisnis penyambung hidup untuk ribuan wanita dari belasan pulau-pulau di Indonesia. Di toko ini kamu akan menemukan kerajinan tangan berupa kain ikat dan Batik hasil tangan wanita-wanita tersebut. Corak kain dari Pulau Adonara, Bali, Flores, Jawa, Kalimantan, Lembata, Sabu & Raijua, Sulawesi, Sumba, sampai Timor tersedia di sini. Selain memproduksi kain ikat dan Batik, Threads of Life juga mempunyai program konservasi, kelas-kelas, dan pelatihan (workshop) tentang karya-karya yang dijual. Kamu bisa membawakan sepotong kain ikat untuk ibu atau sahabatmu, loh.

Perak Desa Celuk

Bila kamu berkunjung ke Gianyar, jangan lupa untuk singgah ke Desa Celuk. Desa ini merupakan pusat kerajinan perak dan emas di Bali. Mulai dari perhiasan, pajangan, hingga peralatan dapur dapat kamu temukan di pelbagai art shop di desa ini. Kualitas kerajinan perak dan emas Desa Celuk sudah terkenal memiliki kualitas tinggi. Di samping desainnya yang unik, membeli kerajinan dari penduduk desa ini pun otomatis membantu perekonomian mereka. Hal menarik yang perlu diketahui adalah meski karya seni yang dijual sudah ditempeli harga, ada saja pedagang yang masih memberikan kesempatan menawar pada pembeli. Jadi, kamu bisa membeli kerajinan perak dan emas dengan harga yang sesuai kantongmu.

Baju Barong

Kalau kamu memiliki bujet oleh-oleh yang sedikit ketat, kamu bisa membelikan Baju Barong untuk kerabat dan keluargamu di rumah. Kaus tipis khas Bali ini menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang berlibur ke Pulau Dewata. Selain tidak akan begitu memberatkan bagasi kamu nanti, kaus ini pun dijual dengan harga yang murah. Biasanya, semakin banyak kamu membeli, kamu akan diberikan harga yang semakin murah.

Nah, itu dia 3 contoh souvenir khas Bali yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk orang terdekat. Selamat berlibur dan berbelanja, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.