lumpia
Makanan

Ini Dia Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang!

Selain memiliki destinasi wisata yang sangat memesona sekaligus dikenal sebagai kota pahlawan, Semarang juga kaya akan wisata kuliner. Begitu banyak kuliner-kuliner lezat yang bisa dicicipi di kota satu ini serta cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Kuliner ini pun sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota, misalnya di sekitar Hotel Sentraland Semarang tempat Anda menginap.

Berikut merupakan daftar kuliner lezat khas Semarang yang wajib Anda coba. Yuk, disimak!

Lumpia.

Lumpia Semarang merupakan salah satu kuliner paling terkenal di kota Semarang. Kuliner satu ini terbuat dari isian rebung, udang, ayam, telur, dan dibalut dengan kulit lumpia sehingga menghasilkan rasa yang begitu nikmat. Lumpia di kota ini terdiri dari dua jenis, yakni lumpia basah dan kering. Namun demikian, ketika memilihnya sebagai oleh-oleh, pastikan jangan sampai salah pilih sekaligus pertimbangan lumpia karena ditakutkan nanti malah basi di perjalanan.

Kue moaci.

Selain itu, jangan lupa membeli kue moaci. Kue moaci adalah kuliner yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan karamel maupun gula sekaligus diisi dengan kacang tumbuk. Biasanya, bagian terluar dari kuliner ini dibaluri dengan biji wijen sehingga menciptakan rasa yang sangat unik. Yang menarik, kuliner ini pun memiliki berbagai varian rasa seperti original, talas, pandan, coklat, strawberry, durian, dan lain sebagainya.

Wingko babad.

Terbuat dari bahan utama tepung ketan dan kelapa, wingko babat juga cocok disulap menjadi oleh-oleh ketika liburan di Semarang. Kuliner ini terdiri dari banyak pilihan rasa misalkan durian, nangka, original, pisang, dan coklat. Meskipun begitu, sayangnya kuliner ini kurang tahan lama karena dibuat dari kelapa sehingga harus cepat-cepat dimakan setelah dibuka.

Bandeng presto.

Buat penyuka ikan, maka disarankan membeli bandeng presto. Bandeng ini dimasak didalam panci presto sehingga membuat duri ikan menjadi lunak dan bisa dimakan. Ketika dimasak, bandeng ini sudah dibumbui dengan rempah pilihan. Untuk ketahanannya sendiri bandeng presto ini tahan 2 sampai 3 hari, namun bila disimpan dalam lemari pendingin bisa tahan hingga 2 bulan.

Itulah deretan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang saat berlibur ke Semarang. Jangan sampai lupa membelinya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *