mentimun
Kesehatan

Ini Dia Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Mentimun memang kerap dijadikan sebagai lalapan, acar, dan topping pada nasi uduk maupun nasi goreng. Namun, tahukah Anda, mentimun ternyata bagus untuk kesehatan, loh. Di dalam mentimun terkandung nutrisi seperti mangan, kalium, magnesium, antioksidan, vitamin K, vitamin C, dan serat. Kandungan inilah yang membantu menyehatkan tubuh, salah satunya mengontrol kadar gula darah. Melansir dari klikdokter, rajin mengonsumsi mentimun dipercaya bisa membantu menurunkan gula darah. Kalau sudah begini, tentu Anda mengecek kadar gula darah di tubuh dengan alat cek gula darah tidak akan terlalu tinggi.

Tidak hanya itu, buah satu ini juga memberikan manfaat lain, misalkan: (source: klikdokter)

Mencegah radikal bebas

Mentimun mampu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Seperti diketahui, radikal bebas memang berbahaya untuk tubuh karena bisa memicu sakit jantung, kanker, autoimun, hingga paru-paru. Dengan mengonsumsi mentimun, maka bisa mengurangi risiko tersebut. Kok bisa? Yap, sebab di dalam mentimun terdapat antioksidan yang cukup tinggi, kandungan inilah yang membantu mengatasi radikal bebas tersebut.

Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan serat yang tersimpan di dalam mentimun membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Ini karena mentimun kaya akan kandungan serat alami, sehingga jika dikonsumsi saat sembelit maka bisa memperlancar pencernaan. Bukan cuma itu, kandungan serat yang ada pada mentimun juga bisa menjaga kondisi kerja dari saluran pencernaan.

Mengatasi iritasi pada kulit

Mentimun juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi yang muncul pada kulit. Belum cukup sampai disitu, mentimun pun memiliki efek menenangkan sehingga ampuh dalam meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari. Keren sekali, bukan?

Menyehatkan jantung

Tidak kalah menarik, rutin mengonsumsi mentimun bisa menyehatkan jantung. Ini karena mentimun mengandung antioksidan yang bisa memperlambat penyakit terkait sakit jantung. Menurut beberapa penelitian yang dilansir dari klikdokter, campuran nutrisi yang tersimpan di dalam mentimun ini bisa membantu meningkatkan kesehatan kolesterol di tubuh sehingga bagus untuk kesehatan jantung.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapat jika rutin mengonsumsi mentimun. Sudahkah Anda mengonsumsi mentimun hari ini? –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.