alat berat
Otomotif

Ini Dia Jenis-jenis Alat Berat untuk Kontruksi

Alat berat kontruksi merupakan alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia ketika mendirikan sebuah bangunan. Dengan menggunakan alat berat ini, maka semakin memudahkan manusia pada saat ingin mengangkut berbagai material pembuat bangunan seperti tanah, pasir, semen, kerikil, dan lainnya. Meskipun begitu, tahukah Anda, alat berat ini ternyata terdiri dari banyak jenis, lho. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Ekskavator

Ekskavator merupakan salah satu jenis alat berat yang biasa digunakan untuk mengangkut barang kontruksi dan menggali tanah. Ekskavator sendiri terdiri dari beberapa jenis, misalnya:

  • Midi-Ekskavator, mampu mengangkut beban dari 8.000 – 8.000 kg
  • Ekskavator Perayap, bisa mengangkut sekitar 12.800 – 80.300 kg beban
  • Ekskavator Beroda, mengangkut beban sebanyak 16.050 – 21.650 kg
  • C-Series Ekskavator Perayap, mampu mengangkut ribuan kilogram beban

Alat berat satu ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti bisa digunakan sebagai alat untuk mengangkut material paling berat, namun sayangnya tidak bisa dipakai untuk jarak jauh.

Wheel Loader

Sama halnya dengan ekskavator, wheel loader pun kerap dimanfaatkan untuk memindahkan berbagai material kontruksi sekaligus menggali permukaan tanah. Kelebihan dari alat berat satu ini adalah mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibanding ekskavator, namun tidak lebih jauh dari truk. Tidak cukup sampai disitu, alat berat satu ini pun mampu menggali tanah hingga 2,5 mm dan menimbun tanah dengan tebal kurang lebih 2 mm.

Bakhoe Loader

Bakhoe Loader adalah alat berat yang bagian depannya dirancang membentuk letter L dan lebih panjang dibanding alat berat jenis lainnya. Alat berat ini memiliki sejumlah kelebihan seperti terbuat dari material yang kuat, kapasitas angkut lebih besar, menghasilkan lebih banyak kekuatan penghancur, dan sebagainya. Alat berat satu ini terdiri dari dua jenis, yakni Bakhoe Loader Seri T dan Backhoe Loader Seri N.

Compact Track Loader

Compact Track Loader atau disingkat dengan CTL merupakan alat pengangkut material kontruksi yang dirancang dengan model terbaru. Di mana, bagian pengungkit alat berat dibuat lebih lebar dibanding yang lainnya sehingga semakin mempercepat proses pengangkutan kontruksi maupun penggalian tanah. Kelebihan dari alat satu ini adalah mudah dalam perawatan, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan kontruksi, dan sebagainya.

Selain alat berat yang sudah dituliskan di atas, masih ada jenis lainnya, seperti;

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *