jantung
Kesehatan

Ini Dia, Beberapa Pantangan untuk Penderita Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang sering dialami oleh beberapa orang ternyata terdapat beberapa jenis, yakni jantung koroner, kardiomiopati, agal jantung, klep jantung bocor, pembengkakan jantung, lemah jantung, aritmia jantung, jantung rematik dan infark miokard akut. Penyakit ini tidak selalu menyerang orang yang sudah lanjut usia, namun semua umur pun memiliki risik untuk mengalami hal yang satu ini bila tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat dan juga jaminan dari asuransi kesehatan keluarga premi murah. Namun, jika salah satu keluarga Anda sudah telanjur mengalami salah satu penyakit jantung tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu dihindari untuk mengurangi kemungkinan penyakit menjadi lebih parah. Nah, inilah beberapa pantangan penyakit jantung yang wajib dipatuhi.

  • Mengonsumsi banyak garam

Makanan yang rendah garam dapat menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Akan lebih baik juga bila Anda membatasi konsumsi garam dengan melakukan diet rendah garam, seperti mengurangi makanan yang mengandung banyak garam seperti camilan keripik kentang dan sebagainya. Pilihlah makanan dari bahan segar seperti sayuran, ikan, beras merah atau oatmeal dan makanan berkarbohidrat yang sehat.

  • Mengonsumsi lemak trans

Lemak trans dibuktikan dapat meningkatkan tingkat LDL atau kolesterol jahat sehingga sangat tidak baik untuk penyakit jantung. Sumber utama lemak trans ini biasanya berasal dari margarin, makan cepat saji, keripik, snack, donat, pie dan yang lainnya. Untuk terbebas dari lemak trans, jangan beli produk makanan yang mencantumkan kalimat partially hydrogenated dan shortening.

  • Merokok ataupun menjadi perokok pasif

Pantangan jantung lainnya yang perlu diperhatikan adalah merokok. Hal ini merupakan faktor yang paling berbahaya bagi penyakit jantung, namun masih dapat dikendalikan. Anda diharuskan untuk berhenti merokok dan juga menghindari asap rokok yang dapat mempertinggi risiko semakin buruknya penyakit jantung Anda.

  • Menghentikan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang pada setiap individu juga sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Risiko gagal jantung pada individu yang berolahraga secara rutin akan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan aktivitas fisik ringan setiap harinya.

 

Demikianlah sederet hal-hal yang perlu dijadikan pantangan oleh setiap penderita penyakit jantung. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.