Kesehatan

Ini Bahaya Kelebihan Gula Bagi Penampilan Anda

Makanan manis yang mengandung banyak gula bisa meningkatkan risiko Anda menderita diabetes. Itu merupakan hal yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Itulah sebabnya banyak orang yang menyukai makanan manis akan melakukan cek kadar gula darah secara rutin dan berkala agar bisa segera mengetahui ketika kadarnya sudah berada di atas level normal. Dengan begitu mereka bisa segera mengantisipasainya dengan cara yang tepat.

Namun, tahukah Anda bahwa selain menyebabkan diabetes, ternyata gula juga bisa memengaruhi penampilan Anda? Berikut ini adalah beberapa pengaruhnya:

Penuaan dini

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan kulit, ada baiknya jika mulai membatasi konsumsi gula harian Anda. Sebab, gula yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah berlebihan akan bergabung dengan protein. Gabungan keduanya ini akan membentuk sebuah komponen bernama AGES (advanced glycation end prooducts) yang dapat merusak kolagen dan elastin di kulit. Akibatnya kulit akan terlihat mengendur atau berkerut.

Obesitas

Selain karena mengonsumsi makanan berlemak, ternyata makanan tinggi gula juga bisa menjadi penyebab Anda mengalami obesitas. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, asupan gula berupa fruktosa dapat memicu matangnya sel lemak visceral yang dapat meningkatkan risiko penumpukan lemak di perut. Selain itu, gula juga mengandung banyak kalori sehingga semakin banyak Anda mengonsumsi gula akan meningkatkan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Tidak hanya itu saja, makanan manis juga mematikan pengendalian nafsu makan seseorang. Akibatnya Anda secara tanpa sadar akan mengonsumsi makanan manis ini secara berlebihan.

Kerusakan gigi

Selain dua hal di atas, gula juga dapat mengganggu penampilan Anda dengan merusak gigi. Setiap kali Anda mengonsumsi makanan manis, bakteri jahat akan menghasilkan asam yang kemudian menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Plak ini bersifat sangat lengket dan terkadang tidak bisa hilang meskipun Anda sudah menyikat gigi. Padahal jika dibiarkan maka akan membuat pH gigi menurun sehingga membuatnya asam. Kondisi inilah yang kemudian membuat lubang-lubang pada gigi karena mineral di email gigi hilang. Lubang ini akan semakin parah jika dibiarkan terus, bahkan bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Wah, ternyata dampaknya cukup jahat, ya? Namun untuk Anda penyuka makanan maniss tidak perlu takut atau sedih karena tidak boleh mengonsumsi makanan favorit Anda. Sebab, Anda sebenarnya tetap boleh mengonsumsinya selama masih dalam jumlah wajar. Dan tentunya, tidak lupa untuk rajin menggosok gigi. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *