mobil
Otomotif

Hindari Hal Ini Saat Hendak Menyalip Kendaraan Lain

Menyalip kendaraan lain di jalan raya bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi pengguna jalan. Namun demikian, menyalip atau mendahului kendaraan lain bukanlah sekadar meningkatkan kecepatan dan memastikan situasi sudah tepat. Ada banyak etika menyetir yang harus diperhatikan agar Anda bisa menyalip dengan lancar dan aman, terutama ketika hendak mendahuli mobil truk kontainer Indonesia. Untuk itu, hindari beberapa hal ini sebelum menyalip kendaraan lain, ya:

  • Lupa menyalakan lampu sein. Lampu sein harus dinyalakan sebelum menyalip untuk memberi tanda pada pengendara di depan dan juga di belakang Anda. Oleh sebab itu, lupa menyalakan lampu sein justru akan membahayakan, karena pengguna jalan lain tak tahu jika Anda hendak menyalip.
  • Tidak meningkatkan kecepatan. Kecepatan berkendara Anda harus lebih tinggi dibanding kendaraan yang ingin disalip. Oleh sebab itulah mengapa Anda harus meningkatkan kecepatan saat siap mendahului kendaraan di depan Anda. Tidak meningkatkan kecepatan saat hendak menyalip justru membahayakan karena berpotensi mengalami benturan dengan kendaraan dari arah berlawanan.
  • Tidak menurunkan gigi. Masih berkaitan dengan poin di atas, agar torsi maksimum mesin mudah dicapai dan akselerasi mobil menjadi lebih cepat, Anda disarankan untuk menurunkan gigi ke 1 posisi lebih rendah. Jangan sampai lupa melakukannya, ya!
  • Menekan klakson secara terus menerus. Mungkin Anda bermaksud untuk memberi tanda pada kendaraan yang hendak Anda salip. Namun demikian, terus menerus menekan klakson justru akan mengganggu konsentrasi pengendara lain. Anda tentu tidak mau mengalami kecelakaan lalu lintas hanya karena tindakan sepele ini, kan? Jika ingin membunyikan klakson, cukup tekan satu atau dua kali saja untuk memberi tanda.
  • Jangan melakukan gerakan tiba-tiba. Hindari untuk melakukan gerakan tiba-tiba seperti mengurangi kecepatan, mengerem mendadak, dan lain sebagainya ketika hendak menyalip. Jika ingin mengurangi kecepatan, lakukan secara konstan dan jangan tiba-tiba. Selain membahayakan diri sendiri, tindakan ini juga membahayakan pengendara lain.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat hendak menyalip. Patut dicatat juga untuk selalu mendahului di jalur kanan dan tidak menyalip dari jalur kiri. Semoga membantu dan tetap aman ketika berkendara, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *