toilet (wc)
DIY

Cara Mudah Mengatasi WC Mampet di Rumah

toilet (wc)WC mampet merupakan kondisi yang bisa terjadi di mana saja, tak peduli di perkantoran, pusat perbelanjaan, atau bahkan pada rumah baru di Cibubur milik Anda. Adalah wajar karena ketika WC mampet, itu artinya ada sesuatu yang menghambat di salurannya. Entah itu tisu, pembalut, popok bayi, dan masih banyak lagi. Tentu kondisi ini sangat menjengkelkan karena membuat Anda tak nyaman ketika hendak buang air di toilet.

Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya?

Well, coba tiru beberapa tips di bawah ini:

  • Manfaatkan sabun cuci piring dan air panas. Untuk melicinkan pipa WC agar benda yang tersumbat di dalamnya bisa terdorong, Anda bisa menggunakan ramuan satu ini. Pertama-tama, siapkan satu cangkir sabun cuci piring yang cair (bukan sabun colek) dan juga air panas. Selanjutnya, tuang sabun cuci piring ke dalam lubang WC dan diamkan selama beberapa saat. Jika sudah, tuang air panas ke dalamnya perlahan-lahan dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, tekan flush WC atau gunakan gayung untuk menuang air ke dalamnya. Dijamin, WC tak lagi tersumbat dan bisa digunakan seperti sedia kala. Kalau masih tersumbat, Anda bisa ulangi lagi cara ini sampai berhasil.
  • Gunakan baking soda dan cuka. Keberadaan baking soda di rumah memang bagaikan holy grail. Sebab baking soda ini mampu mengatasi berbagai permasalahan di rumah. Mulai dari membersihkan wastafel, menghilangkan kotoran, dan masih banyak lagi. Nah, ternyata baking soda ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi WC mampet. Bagaimana caranya? Mudah saja: tuang baking soda secukupnya ke lubang WC dan diamkan. Setelahnya, tambahkan cuka dan pastikan cairannya tersebar merata. Setelah didiamkan selama beberapa jam, WC Anda akan kembali normal dan tak lagi mampet.
  • Dorong dengan kawat gantungan baju. Punya hanger di rumah yang terbuat dari kawat? Benda ini juga bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet, lho. Caranya dengan meluruskan kawat dan menutupi ujungnya yang tajam dengan selotip. Jika sudah, Anda bisa menggunakan hanger ini layaknya tongkat dan masukkan ke dalam lubang WC. Dorong benda yang menghambat di pipa saluran secara perlahan sampai benar-benar lepas. Namun demikian, cara ini hanya bisa dicoba kalau benda yang menghambat posisinya tak terlalu jauh dari lubang, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi WC mampet di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *