jangan membersihkan kuping dengan cotton bud
Kesehatan

Cara Aman Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

Meskipun banyak dipakai oleh masyarakat luas untuk membersihkan kotoran telinga, ternyata cotton bud bisa membahayakan kesehatan telinga, lho. Pasalnya, ketika kita menggunakan cotton bud, kotoran telinga bisa terdorong ke dalam hingga ke gendang telinga. Alhasil, kotoran tersebut akan menekan kulit gendang telinga yang bisa menyebabkan cedera atau bahkan pusing. Meskipun kamu sudah melengkapi diri dengan asuransi rawat jalan individu, bukan berarti hal ini bisa dianggap sepela. Atas alasan inilah, banyak ahli THT yang tidak menyarankan untuk membersihkan telinga dengan cotton bud.

Kotoran atau serumen yang dihasilkan oleh kelenjar penghasil zat seperti lilin di telinga kita memang bisa keluar dengan sendirinya tanpa perlu dibersihkan. Biasanya, proses ini terjadi karena adanya gerakan sensorik yang dilakukan oleh tulang di daerah telinga ketika mengunyah atau menelan.

Hanya saja, ketika kotoran ini membeku dan mengeras, tentu perlu cara lain untuk membersihkannya. Simak cara aman untuk membersihkan kotoran telinga tanpa harus menggunakan cotton bud.

  • Gunakan kain lembap

Cara membersihkan telinga dengan menggunakan kain lembap ini cukup mudah. Ambil handuk basah yang sudah direndam dengan air hangat, lalu seka bagian luar telinga sampai bersih. Dibanding menggunakan cotton bud, membersihkan telinga degnan menggunakan kain lembap lebih efektif karena tidak meneka kotoran ke dalam gendang telinga.

  • Pakai obat tetes telinga

Untuk membersihkan kotoran telinga yang sudah mengeras, kamu bisa menggunakan obat tetes telinga untuk melembutkannya. Sekarang ini, sudah banyak obat tetes telinga yang dijual di pasaran. Cara menggunakannya juga mudah: teteskan obat tetes telinga sesuai dosis yang ditentukan, lalu diamkan selama beberapa saat. Jika sudah, bersihkan telinga dengan lap lembut untuk mengangkat kotoran yang sudah lembut.

  • Manfaatkan syringe

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran telinga adalah dengan menggunakan syringe. Syringe sendiri merupakan alat berbentuk seperti suntikan berbentuk corong air. Alat ini akan mengalirkan air hangat ke dalam telinga untuk melunakkan kotoran. Namun demikian, sebelum mengalirkan air, disarankan untuk menetes obat tetes telinga terlebih dahulu.

  • Metode Ear Irrigation Kit

Metode ini tidak bisa dilakukan seorang diri dan disarankan untuk meminta bantuan ahli THT. Ear Irrigation Kit merupakan metode yang sering digunakan oleh ahli THT untuk membersihkan bagian dalam telinga. Cara kerja alat ini adalah dengan memasukkan air ke dalam telinga, lalu disedot kembali untuk menarik kotoran.

Itu dia beberapa cara untuk membersihkan telinga tanpa menggunakan cotton bud. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.