keluar dari pekerjaan
Bisnis

Baru Pindah Kerja? Beberapa Hal Ini Sebaiknya Kamu Lakukan

Menjadi ‘anak baru’ di kantor memang menakutkan, terlebih jika kantor baru kamu berada di Coworking Space Jakarta Pusatdi mana tak semua orang yang bekerja di sana berada dalam satu perusahaan yang sama. Namun demikian, meskipun sulit, bukan berarti kamu harus menutup diri dari sekitarmu. Agar kamu bisa survive di kantor baru dan bisa bekerja semaksimal mungkin, sebaiknya lakukan beberapa hal ini, ya!

  • Fokus pada saat perkenalan. Di hari pertama bekerja, atasanmu atau HRD biasanya akan menjelaskan mengenai nilai-nilai perusahaan, jam kerja, hingga tugas-tugas apa saja yang menjadi tanggung jawabmu. Nah, ketika acara perkenalan ini, jangan lupa fokus dan dengarkan semua penjelasan yang diberikan. Jika ada yang tidak dipahami, langsung tanyakan agar semuanya jelas.

 

  • Mengingat nama dan wajah teman sekantor. Setelah acara perkenalan, kamu akan dibawa berkeliling ruangan untuk diperkenalkan dengan rekan satu kantor. Meskipun sulit, cobalah untuk menghapal wajah dan nama teman-teman kantormu. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengulang kembali nama yang sudah diucapkan oleh rekan kerjamu sambil menghapal wajahnya.

 

  • Ambil inisiatif. Ketika menjadi anak baru, wajar jika kamu merasa sungkan untuk mengajukan pendapat atau bertanya karena takut dianggap mengganggu. Namun demikian, salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh anak baru adalah enggan berinisiatif yang membuat mereka menjadi terkesan pasif. Ketika kamu aktif bertanya dan berinisiatif tinggi, berbagai kemungkinan pun akan mudah menghampiri kamu. Rekan kerja tak akan sungkan untuk meng-approach kamu dan bekerja pun akan semakin menyenangkan.

 

  • Observasi lingkungan kantor. Agar lebih mudah berbaur dengan rekan kerja, luangkan sedikit waktu untuk mengobservasi lingkungan sekitar. Cek bagaimana rekan kerja kamu berdiskusi, berbincang, atau bahkan bekerja. Jika ada fasilitas di kantor yang bisa digunakan, seperti lounge atau bahkan ruang untuk olahraga di tempat kerja, kamu juga bisa meneliti kapan rekan kerjamu menggunakannya. Dengan mengobservasi lingkungan kantor, kamu akan lebih mudah berbaur karena sedikit banyak kamu sudah mengenali rekan-rekan yang berada di sekitarmu.

Empat hal di atas bisa menjadi pegangan kamu ketika pindah kerja ke tempat baru. Satu hal yang patut diingat: menjadi anak baru memang sulit namun jika kamu membuka diri terhadap berbagai kemungkinan baru, segalanya pasti akan terasa lebih mudah. Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *