toko kelontong
Bisnis

Baru Buka Toko Kelontong? Tips Ini Bisa Dicoba, Nih!

Sekarang ini, sumber penghasilan tak hanya berasal dari satu pintu saja. Banyak juga yang memiliki usaha sampingan dengan harapan untuk menambah penghasilan bulanan. Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk berbisnis, mengapa tak coba membuka toko kelontong modern saja? Ya, toko kelontong atau yang biasa dikenal dengan warung memang seringkali menjadi tujuan masyarakat untuk berbelanja karena dekat rumah dan harganya murah. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka toko kelontong kecil-kecilan di rumah.

Sebelum mulai membuka toko, jangan lupa juga untuk mempersiapkan beberapa hal di bawah ini. Di antaranya:

Cari supplier yang menjual dengan harga bersaing.

Untuk mengisi toko kelontongmu, tentu kamu harus berbelanja dalam jumlah besar. Belanja langsung di supermarket tak bisa dijadikan pilihan karena harganya yang cukup tinggi sehingga sulit untuk mendapat untung. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencari supplier atau agen, yang menjual barang dengan cara grosir. Semakin banyak jumlah barang yang dibeli, biasanya mereka akan menerapkan harga khusus yang bersaing. Menguntungkan sekali, kan? Jadi, coba deh lakukan riset terlebih dahulu sebelum belanja barang untuk mengisi tokomu.

Riset harga jual di pasaran.

Kamu sudah tahu barang apa saja yang akan dijual di toko kelontong kamu. Nah, langkah berikutnya adalah menentukan harga jual per barangnya. Jangan sampai kamu menjual dengan harga yang lebih mahal dibanding harga pasaran dan jangan sampai pula menjualnya dengan terlalu murah. Cek harga-harga di pasaran dan tentukan harga jual per barangnya.

Tata toko kelontong dengan rapi.

Barang yang hendak dijual sudah ada, harga jual sudah ditetapkan, kini saatnya menata toko kelontong kamu. Agar toko terlihat rapi dan mudah untuk melihat barang apa saja yang dijual, kamu bisa menggunakan rak kayu yang menempel ke dinding. Susun barang dagangan dengan rapi, gantungkan barang-barang dalam bentuk sachet yang bisa dibeli secara eceran seperti kopi, sampo, atau penyedap rasa, dan simpan permen-permen dalam kaleng. Intinya, buat toko kelontong kamu serapi mungkin agar pembeli mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu coba sebelum membuka toko kelontong. Kamu juga bisa menerapkan sejumlah cara agar toko kelontongmu ramai dikunjungi pembeli. Jadi, siap untuk membuka bisnis kamu sendiri? Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *