maag
Kesehatan

Atasi Sakit Maag dengan Cara Mudah Ini!

maagMaag merupakan salah satu penyakit yang menyerang tubuh seseorang akibat dari terjadinya peradangan pada bagian lambung sehingga menimbulkan rasa perih, mulas, dan sakit di bagian perut. Salah satu faktor penyebab yang dapat memicu munculnya sakit maag ini adalah karena terlalu sering mengonsumsi makanan pedas. Meskipun sudah rajin mengonsumsi obat maag yang dipercaya dapat meredakan sakit maag, akan tetapi jika Anda tidak mengurangi konsumsi makanan tersebut tentu obat pun tidak akan bisa membantu.

Nah, untuk mencegah agar sakit maag ini tidak menyerang tubuh, maka cobalah untuk melakukan beberapa hal penting berikut;

  • Perbanyak konsumsi air putih. Cukupilah kebutuhan cairan di tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih delapan gelas perhari atau lebih. Air putih dipercaya dapat membantu meluruhkan segala jenis kotoran yang tertinggal di bagian usus maupun lambung, sehingga risiko terjadinya sakit maag pun bisa dihindari. Selain itu, kebutuhan cairan yang tercukupi juga dapat bantu mengurangi rasa mual akibat maag.
  • Hindari makanan pemicu sakit maag. Meskipun tidak ada larangan bagi Anda mengonsumsi segala jenis makanan, akan tetapi ada loh beberapa makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag karena dapat memperburuk risiko terjadinya sakit maag. Makanan tersebut seperti makanan pedas, makanan berlemak tinggi, makanan digoreng, makanan asam, kopi, alkohol, minuman berkafein tinggi, dan masih banyak yang lainnya.
  • Tidak terburu-buru ketika sedang makan. Untuk mencegah timbulnya sakit maag ini, maka ketika makan jangan terburu-buru, santai saja. Mengapa? Yap, terlalu cepat saat makan dapat menghasilkan lebih banyak asam, sehingga dapat memicu munculnya penyakit maag.
  • Jangan menggunakan pakaian ketat, khususnya bagian pinggang. Walaupun pakaian ketat ini dapat membuat tampilan terlihat semakin seksi, akan tetapi jangan terlalu sering menggunakannya, terutama bagian pinggang. Lantaran, pakaian ketat ini sangat berpotensi menimbulkan sakit maag, otot kaku, bahkan sampai merusak bagian testis.

Tidak hanya itu saja, sakit maag juga bisa diatasi dengan cara;

  • Cobalah untuk mengurangi aktivitas merokok
  • Setelah makan, tidak langsung berolahraga
  • Tidak mengangkat benda berat ketika perut masih kenyang
  • Jangan makan sambil berdiri maupun tiduran
  • Kunyah permen karet yang tidak mengandung banyak gula
  • Cukupi waktu tidur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Hindari stress berlebih yang dapat memicu terjadinya sakit maag

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar sakit maag bisa diatasi dengan sangat baik. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *