liburan ke cina
Travel

5 Hal yang Kamu Harap Kamu Tahu Sebelum Berlibur ke Cina

“Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina.” Begitulah kata pepatah. Namun, Cina bukan hanya menjadi tempat untuk mencari ilmu. Negara Tirai Bambu ini juga terkenal dengan berbagai tempat wisata yang menarik. Namun demikian, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berlibur dengan paket tour ke China. Apa sajakah itu? Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Mempelajari Bahasa Cina dasar

Memang sulit untuk mempelajari Bahasa Cina, tetapi Anda tidak perlu mempelajari bahasanya secara mendalam, cukup yang dasar saja. Mengapa? Karena saat berlibur ke Cina, bekal Bahasa Inggris saja tidak cukup. Banyak orang Cina yang tidak menguasai Bahasa Inggris meskipun bahasa ini dikenal dengan bahasa global. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mempersiapkan bekal dengan mempelajari bahasa Cina dasar untuk keperluan sehari-harimu nanti.

Mempersiapkan kalimat penting

Jika kamu masih kesulitan dan belum bisa melafalkan Bahasa Cina dengan baik, kamu harus menyiapkan kalimat penting, dengan mencetaknya dalam kertas atau sekedar mengetiknya di smartphone. Misalnya seperti kalimat untuk menanyakan arah, jalur transportasi, dan lain-lain. Percayalah, kamu tidak akan tahu kapan kamu membutuhkan kalimat-kalimat tersebut.

Download VPN

Agar bisa tetap berkomunikasi dengan smartphone selayaknya di Indonesia, kamu bisa mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu sebelum berangkat. Dengan aplikasi ini, kamu bisa tetap menggunakan media sosial, chat, dan mengakses email. Cara ini memang praktis. Namun, untuk kamu masih ragu apakah menggunakan VPN dilegalkan atau tidak, sebaiknya beli sim cardinternet langsung di sana.

Hati-hati saat memotret

Saat berwisata, tentunya kamu akan mengabadikan banyak momen dengan kamera. Akan tetapi, pastikan kamu tidak mengganggu privasi warga di sana dan tetap menaati peraturan saat mengambil foto. Sebaiknya jika kamu ingin mengambil foto orang di sana, mintalah izin kepada orang tersebut terlebih dahulu. Jika ingin memotret gedung pemerintahan, juga sebaiknya izin kepada pihak yang bertugas.

Tidak perlu khawatir dengan tarif taksi

Tidak seperti di Jepang, tarif taksi di Cina cenderung murah. Taksi pun menjamur di mana-mana, sehingga kamu tidak perlu kesulitan mencarinya. Namun, supir taksi di Cina jarang ada yang bisa berbahasa Inggris. Jadi, siapkan kamus elektronik terlebih dahulu dan pastikan kamu menyampaikan tujuanmu dengan benar pada supir taksi ya!

Selamat menjelajahi Negeri Cina! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *