kamar kedap suara
Properti

5 Cara Mudah Membuat Kamar Kedap Suara Agar Nyaman untuk Istirahat

Kamar seharusnya menjadi ruangan untuk Anda beristirahat Jadi, sebisa mungkin tak boleh ada suara bising yang masuk ke kamar. Nah, bagaimana cara membuat agar kamar kedap suara? Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan. Tak peduli semahal apa pun harga kusen UPVC pada pintu kamar Anda, tetap saja suara bising dapat masuk jika Anda tidak menerapkan tips penting berikut ini. Langsung saja simak cara membuat kamar kedap suara di bawah ini!

Gunakan daun pintu yang solid

Daun pintu yang tipis (seperti terbuat dari rangka ringan atau PVC) cenderung berpori dan dapat meneruskan bunyi. Jika Anda ingin kamar lebih kedap suara, gantilah daun pintu dengan kayu solid atau panel sintesis. Sementara, untuk daun jendela, Anda bisa menggunakan jenis jendela kaca rangkap.

Menutup celah dengan bantalan karet

Salah satu tips terpenting adalah menutup celah pada ruangan. Sebab suara dapat melalui celah seperti lubang pada pintu, jendela, atau pun plafon. Nah, Anda bisa menggunakan bantalan karet ataupun sealant pada pintu atau celah yang tersisa. Selain suara, bantalan karet ini juga dapat mengurangi getaran alat elektronik atau peralatan rumah lainnya.

Gunakan tirai

Siapa sangka, ternyata bukan hanya untuk mem-filter cahaya dan pandangan dari luar, tirai atau gorden juga dapat mengurangi bising dari luar kamar. Oleh karenanya, pasang tirai pada jendela atau pintu. Anda bisa menggunakan sehelai tirai atau tirai berlapis, sesuaikan dengan luas kamar Anda. Jika kamar tidak terlalu luas, sebaiknya hindari penggunaan tirai berlapis karena dapat membuat kamar terkesan penuh.

Menggunakan karpet

Apakah Anda sudah mengaplikasikan karpet pada kamar? Selain membuat pijakan lebih nyaman, karpet memiliki sifat peredam bunyi, lho. Carilah bahan dan ketebalan karpet yang sesuai. Atau Anda juga bisa membeli karpet khusus peredam suara (glass wool) di pasaran. Jika menggunakan karpet, pastikan Anda membersihkannya secara rutin karena karpet cenderung mudah berdebu.

Meletakkan rak atau lemari

Untuk menutup dinding kamar, Anda juga bisa menutupnya dengan rak buku atau lemari pakaian. Hal ini juga dapat mengurangi suara yang menembus dinding secara efektif.

Itu dia tips membuat kamar jadi kedap suara. Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *