musik untuk olahraga
Olahraga

5 Alasan Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Membantumu Olahraga

Selain mengonsumsi vitamin untuk tenaga, apa kamu tahu hal apa lagi yang bisa memacu semangat saat berolahraga? Yup, jawabannya adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik saat berolahraga memang bukanlah sesuatu yang baru. Pasalnya, pendayung sebelum masehi telah menggunakan musik untuk saat mendayung perahu Romawi. Salah satu orang duduk dan menabuh genderang untuk mengatur ritme dasar. Dengan demikian, para pendayung bisa mengatur tempo sesuai ritme tersebut. Hal ini serupa dengan apa yang kita lakukan sekarang – mendengarkan musik untuk membantu olahraga.

Nah setiap mendengarkan musik saat berolahraga, apakah kamu sudah benar-benar menyadari betapa besar pengaruh musik pada tubuh kita saat berolahraga? Ini dia alasan untuk mendengarkan musik saat berolahraga yang perlu kamu tahu!

  • Membantu menjaga pace

Dalam berolahraga, seseorang harus menjaga pace atau kecepatan yang sesuai agar lebih optimal. Ritme musik yang tepat dapat menstimulasi otak saat bergerak dan membantu tubuh menjaga kecepatan saat berolahraga.

  • Menambah semangat

Sebuah studi yang dilakukan pada pesepeda telah menunjukan bahwa mendengarkan musik yang cepat dapat membuat seseorang bekerja lebih cepat saat berolahraga dibandingkan dengan mendengarkan musik dengan tempo yang pelan. Namun musik yang terlalu cepat juga tidak baik, sebaiknya musik yang didengarkan saat olahraga berkisar antara 120 dan 140 beats per minute (bpm).

  • Musik bisa mendistraksi pikiran

Pernah merasa kalau olahraga terasa lebih berat tanpa musik? Hal ini dikarenakan musik mampu mendistraksi kita dari rasa lelah saat berolahraga. Mendengarkan musik yang tepat dipercaya juga dapat meningkatkan performa olahraga sebanyak 15 persen (source: the guardian).

  • Musik dapat meningkatkan mood

Saat kamu sedang malas berolahraga, coba putar lagu kesukaanmu. Pasalnya, musik dapat membantu meningkatkan mood dan membantu seseorang menemukan self-awareness. Mendengarkan musik dapat membantu seseorang untuk memikirkan tentang dirinya, tentang apa yang mereka inginkan dan membantu mereka untuk kabur sejenak dari negativitas. Jadi, tak peduli apa yang sedang kamu rasakan, tak ada salahnya untuk memutar lagu sebagai penyemangat berolahraga.

  • Musik selalu membuatmu ingin bergerak

Musik yang groovy akan selalu membuatmu ingin bergerak. Tanpa disadari, mungkin jemarimu akan berdansa dengan sendirinya saat mendengarkan musik dengan beat yang cepat. Hal ini tentunya juga dapat membantumu saat berolahraga. Bergerak dengan mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan tak peduli seberat apapun gerakan yang sedang kamu lakukan.  (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *