mesin mobil
Otomotif

4 Hal yang Jarang Disampaikan Montir Saat Servis Mobil

Tak seperti saat ganti oli mobil,menyervis mobil bukan hanya sekadar menaruh mobil di bengkel dan mengambilnya setelah beres. Anda juga harus memastikan bahwa mobil Anda mendapatkan penanganan yang tepat dengan dan ikut menganalisa apa yang kira-kira dialami oleh mobil. Perlu diketahui, sebenarnya ada beberapa hal yang jarang disampaikan oleh montri saat Anda menyervis mobil. Padahal hal tersebut penting untuk menjaga performa mobil ke depannya. Ingin tahu hal-hal yang jarang disampaikan tersebut? Simak poin-poin di bawah ini!

  • Menanyakan apakah Anda telah memeriksa mobil dengan baik

Ketika Anda ke bengkel, paling-paling montir hanya akan menanyakan keluhan yang Anda rasakan. Akan tetapi, jarang montir yang bertanya apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan diagnostik pada mobil sendiri atau belum. Bahkan terkadang ketika Anda sudah memeriksa mobil dengan berbagai macam perangkat, sang montir justru mengabaikan diagnosa yang Anda punya dan mengatakan bahwa mereka punya saran yang lebih baik.

  • Memastikan kondisi mobil dengan menanyakan ke montir lain

Jika Anda tidak yakin dengan diagnosa dokter mengenai kesehatan Anda, apakah Anda berhak untuk memeriksakan kesehatan ke dokter lain? Tentu saja. Begitu juga dengan memeriksakan kondisi mobil pada montir. Sebenarnya Anda berhak mencari pendapat montir lain untuk memastikan masalah mobil. Akan tetapi, jarang sekali montir yang menyarankan pelanggan untuk bertanya terlebih dahulu pada montir yang lain. Padahal, montir yang jujur akan memahami bahwa Anda perlu mencari pendapat montir lain untuk memastikan sarannya.

  • Memberi tahu pada Anda mengenai suku cadang yang baru diganti

Ketika ada suku cadang mobil yang perlu diganti, tak semua montir menawarkan Anda apakah ingin meihat suku cadang lama yang telah diganti atau tidak. Padahal, Anda berhak melihatnya untuk memastikan montir telah mengganti suku cadang yang tepat dan tidak mengganti suku cadang yang belum perlu diganti.

  • Menyarankan untuk mengganti ban mobil tua

Meskipun masih kelihatan baik, ban mobil yang diproduksi lebih dari 6 tahun yang lalu sebenarnya tidak aman digunakan. Namun, jarang montir yang ingat untuk menyampaikan hal ini pada Anda. Jadi, ketika ingin membeli ban di bengkel dengan harga yang lebih murah, sebaiknya cek dulu tanggal produksinya. (Source: tokiomarine)

Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *