Yuk, Pahami Konsep Safety Driving Ini Sebelum Mengemudi!

nyetir mobilBanyak orang yang menggunakan mobil sebagai mode transportasi sehari-hari, namun banyak pula pengemudi yang belum paham mengenai konsep safety driving. Padahal ini sangat penting untuk dipahami karena menyangkut masalah keselamatan diri dan orang lain ketika berkendara. Tidak hanya memahami harga oli mobil saja, memahami konsep safety driving juga tidak boleh terlewat, lho. Berikut beberapa konsep safety driving yang sebaiknya ditelaah.

  • Gunakan sabuk pengaman secara tepat. Hingga saat ini, masih banyak sekali pengemudi yang melakukan kesalahan saat menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman atau safety belt dikenakan di antara tulang belikat dan bahu sisi terluar, bukan di dekat leher atau bahkan mengenainya. Mengapa? Pasalnya ketika terjadi kecelakaan, sabuk pengaman yang digunakan berdekatan dengan leher bisa melukai diri Anda hingga menyebabkan kematian karena menyayat leher.
  • Atur head restraint. Head restraint atau penopang kepala yang melekat pada kursi ini merupakan bantalan yang menjaga Anda dari kemungkinan patah leher saat terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Posisi penopang kepala yang tepat ini adalah minimal sejajar dengan telinga. Untuk itu, jangan salah atur head restraint ini, ya! Jangan sampai karena Anda tidak ingin tatanan rambut rusak dan mengabaikan head restraint, Anda malah membahayakan diri sendiri.
  • Pasang kaca spion dengan tepat. Sebelum mulai mengemudi, jangan lupa untuk selalu mengecek posisi kaca spion. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan blind spot atau area yang tidak terlihat dari zona pandang kaca spion. Oleh sebab itu, atur kaca spion selebar mungkin sehingga blind spot bisa dikurangi. Percaya atau tidak, blind spot ini seringkali menjadi penyebab kecelakaan.
  • Pengoperasian kemudi. Posisi Anda ketika mengemudi juga harus diperhatikan. Pengoperasian kemudi yang tepat adalah posisi tangan tidak berada pada posisi menyilang dan masing-masing berada di posisi yang sejajar. Dengan demikian, Anda pun akan lebih mudah dalam mengontrol kemudi dan pastinya lebih aman.
  • Cek tekanan ban. Pastikan pula bahwa tekanan ban sudah tepat saat mobil hendak digunakan. Tekanan ban yan tidak tepat akan membuat ban mudah meledak dan membuat mobil terbalik. Namun demikian, pastikan pula tekanan bannya tidak berlebihan. Tekanan ban yang berlebih akan membuat mobil mudah selip.

Itu dia beberapa konsep safety driving yang harus dipahami sebelum mulai mengemudi. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *