Yoghurt, Produk Fermentasi Susu dengan Segudang Manfaat

Yoghurt merupakan hasil fermentasi dari susu. Fermentasi tersebut dilakukan oleh bakteri asam laktat. Setelah susu difermentasi, terbentuklah yoghurt dengan tekstur yang lembut, halus, dan kental. Yoghurt memiliki rasa asam yang unik dan lezat. Banyak orang yang suka makan yoghurt karena kelezatannya. Semakin hari, yoghurt semakin digemari tak hanya karena rasanya, namun juga karena manfaat yang bisa diberikannya untuk kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan.

Yogurt

Yoghurt baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Karena yoghurt berasal dari susu, yoghurt juga kaya akan Vitamin D dan kalsium. Dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin, Anda bisa mendapatkan tulang yang kuat dan sehat. Sehingga Anda akan terhindar dari risiko osteoporosis. Selain itu, yoghurt lebih mudah dicerna dibandingkan susu. Karena senyawa laktosa pada susu sudah disederhanakan oleh bakteri fermentasi. Jadi laktosa pada yoghurt akan lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan laktosa pada susu.

Yoghurt juga baik untuk sistem pencernaan. Karena yoghurt membawa kultur bakteri probiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen dalam sistem pencernaan. Aktivitas bakteri patogen bisa berkurang. Sehingga saluran pencernaan Anda aman dari gangguan dan kerusakan. Probiotik juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi tubuh Anda akan semakin kuat dan kebal terhadap penyakit tertentu. Mengkonsumsi yoghurt secara rutin, bisa membuat tubuh Anda semakin sehat dan kuat. Selain itu, bagi Anda yang memiliki darah tinggi juga dianjurkan untuk mengkonsumsi yoghurt yang kaya akan kalium. Kalium akan menurunkan tekanan darah Anda yang tinggi. Sehingga darah Anda akan berada di tekanan yang normal.

Selain itu, yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Anda yang memiliki masalah kulit wajah, tentu bisa mencoba masker yoghurt. Dengan menggunakan yoghurt sebagai masker, kulit Anda bisa menjadi lebih cerah. Yoghurt mengandung senyawa asam laktat yang bagus sebagai exfoliator kulit. Sehingga sel-sel kulit mati pada wajah bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan yoghurt.  Ketika sel-sel kulit mati terangkat, wajah Anda akan terlihat lebih bersih dan cerah. Selain itu, kulit Anda juga akan terasa lebih halus dan lembab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *