Waspadai Penipuan Investasi

investasi emasDari berita yang diterbitkan ANTARA News, Irfan Noor Riza sebagai ketua Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) mengatakan sekarang sudah banyak penipuan investasi. PIPM mengimbau warga untuk lebih teliti lagi memilih investasi karena sekarang semakin banyak penipuan.

Berdasarkan laporan yang didapat dari Kota Yogyakarta, kebanyakan penipu menawarkan keuntungan yang cepat dan banyak alias di luar kewajaran. Kebanyakan orang akan terbuai dengan tawaran para penipu tersebut karena siapa yang tidak mau mendapatkan keuntungan yang banyak dengan waktu sesingkat mungkin? Namun sesuatu yang cepat belum tentu yang baik jadi Anda harus berhati-hati.

Tips Berinvestasi Dengan Aman

  • Untuk berinvestasi, Anda pastinya perlu modal. Gunakan modal dari sumber yang terpecaya seperti kredit investasi dari Bank atau tabungan sendiri.
  • Saat akan melakukan investasi pada sebuah bisnis atau barang, pastikan Anda telah mempelajarinya dengan baik . Setidaknya Anda memiliki pengetahuan gimana berinvestasi pada bidang tersebut, dokumen apa saja yang diperlukan dan cara menghindari resiko besar seperti penipuan.
  • Buat daftar badan investasi dan pilihlah yang terpercaya dan banyak digunakan oleh orang. Ada baiknya pilih badan investasi yang nyata bukan online.
  • Sebelum berinvestasi, pastikan badan investasi yang Anda pilih emang bisa terpercaya dengan cara mencari testimonial / komentar dan berita mengenai badan investasi tersebut.
  • Jangan langsung menginvestasikan modal Anda tetapi coba dengan jumlah yang dikit terlebih dahulu. Ketika sudah ada hasil, modalnya disimpan dan gunakan hasil investasi untuk melakukan investasi lagi. Jadi walaupun orangnya pergi, modal tetap aman karena untuk investasi ke-2 dan selanjutnya menggunakan hasil investasi bukan modal.
  • Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak yang bisa dipercaya seperti Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) atau pihak lainnya. Pastikan orang tersebut sudah berpengalaman sehingga Anda bisa mempelajari investasi aman dengan dia.

Semoga info dan tips ini membantu Anda. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *