Waspada akan Kejahatan Kartu Debit? Part 2

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai waspada akan kejahatan Kartu Debit part 1, kejahatan akan kartu debit mengalami peningkatan. Di artikel par-2 ini, kita akan membahas kelanjutan dari masalah kejahatan Kartu Debit. Berikut ini beberapa kejahatan lain yang sering terjadi saat penarikan atau transaksi menggunakan Kartu Debit:

Perampokan saat Penarikan ATM

perampokan atmSudah tidak asing banget di telinga kita mengenai masalah perampokan saat kita melakukan penarikan uang melalui ATM. Para penjahat yang beraksi sudah sangat terlatih. Dengan berbekal 1 motor dan 1 senjata, mereka sudah siap beraksi. Tidak semua penjahat meminta para korban untuk menarik uang dari ATM saat melakukan aksi, hal ini untuk meminimalis waktu yang dibutuhkan saat perampokan. Mereka lebih memilih untuk mengambil uang tunai, jam, perhiasan dan smartphone. Lalu gimana cara menghindari atau waspada akan masalah ini? Kan kita perlu membayar tagihan, narik uang dan lain-lainnya.

Cara Menghindari Perampokan saat Penarikan ATM

  • Lebih baik melakukan transaksi pembayaran dan transfer menggunakan e-banking atau m-banking. Sekarang sudah banyak loh, Bank yang memiliki jasa e-banking dan m-banking. Ke-2 jasa ini memudahkan kita dalam melakukan transfer dana, bayar tagihan (listrik, pam dan kartu kredit), belanja online, pembelian pulsa bahkan tiket. Dengan menggunakan 2 jasa ini, tentu kita tidak perlu sering ke ATM kan? Selain itu banyak promo internet banking dan mobile banking yang dapat kamu gunakan.
  • Lakukan penarikan uang tunai di ATM yang aman. Ehm, ATM yang aman seperti apa sih? ATM yang di dalam mal atau gedung perkantoran. ATM di ke-2 lokasi tersebut lebih aman dibandingkan ATM lain. Hal ini dikarenakan di mal dan gedung perkantoran pastinya ada pak satpam yang menjaga sehingga para penjahat lebih segan melakukan perampokan.

Penukaran Kartu Debit

kartu debit ditukarBiasanya kejahatan ini diganbungkan dengan pencurian PIN. Penjahat melakukan berbagai cara untuk menukar Kartu Debit kita dengan mereka. Ada yang berpura-pura meminjam namun ada yang juga mencuri Kartu Debit kita dan menggantinya dengan Kartu Debit mereka. Pas giliran kita memasukan PIN untuk melakukan transaksi, salah satu teman mereka akan mengitip PIN yang kita gunakan. Setelah tahu PIN-nya, mereka akan memberitahukan komplotannya. Dan selama proses itu, kita tidak sadar bahwa ATM yang kita pegang merupakan ATM penjahat. Kita baru sadar setelah kita melakukan pengecekan pada CS Bank.

Cara Menghindari Penukaran Kartu Debit

Buat Kartu Debit dengan nama sehingga kita tahu jika ada yang menukarnya. Lebih baiknya lagi  jika kita tidak pernah meminjamkan Kartu Debit ke sembarangan orang. Ingat! Jangan kasih atau meminjamkannya ke orang lain. –HM-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *