Trik Mudah Menjaga Apartemen dari Bau Tak Sedap

interior apartemen

image source: House Exteriors

Memiliki unit apartemen yang rapi dan juga nyaman ditinggali merupakan mimpi setiap orang.  Tidak hanya itu, kita juga berharap untuk bisa bersosialisasi dengan penghuni apartemen yang tinggal di dekat kita. Wah, unit yang bersih, penghuni yang ramah, hmm lengkap sekali, kan? Memang, jika kita mengingat harga apartemen alam sutera yang cukup tinggi, ekspektasi kita juga akan tinggi terhadap area yang akan kita tinggali.

Nah, salah satu cara untuk membuat apartemen nyaman ditinggali adalah dengan menjaganya tetap wangi dan bebas dari bau tak sedap. Lantas, bagaimana caranya? Berikut trik mudah yang bisa kalian coba:

  1. Pastikan ventilasi di dapur sudah cukup. Ingatlah ketika memasak, kita cenderung menghasilkan asap dan juga bau dari makanan yang diolah. Untuk itu, ventilasi di area dapur harus cukup dan juga besar agar bau dan asap ini bisa langsung dibuang ke luar apartemen. Dengan demikian, udara di dalam ruangan akan tetap terjaga dan tidak tercemar. Jika memang ventilasinya tidak bagus, kalian bisa menambah exhaust fan atau cooker hood.
  2. Singkirkan bahan makanan yang sudah membusuk. Coba cek kulkas kalian: tentunya ada bahan makanan seperti buah atau sayuran yang sudah tidak segar lagi atau bahkan membusuk karena terlalu lama disimpan. Nah, segeralah singkirkan dan buang sebelum menimbulkan bau yang tidak sedap. Jangan lupa juga cek makanan dalam kemasan dan buang jika sudah kedaluarsa.
  3. Hindari penggunaan bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud di sini bukan literally bahan kimia, lho. Bahan kimia bisa ditemukan di mana saja, termasuk dalam produk pembersih yang biasa kita gunakan. Entah itu pembersih toilet atau penghilang noda, seringnya produk-produk ini mengandung bahan kimia. Jika memungkinkan, hindari menggunakan produk ini karena baunya sangat menyengat dan bisa mengganggu pernapasan.
  4. Jangan biarkan sampah menumpuk. Saking sibuknya, terkadang kita sampai lupa untuk mengosongkan tempat sampah di dalam apartemen. Entah itu sampah di dapur, di kamar, atau bahkan di toilet, jangan sampai lupa untuk mengosongkannya, ya.
  5. Ganti karpet secara berkala. Bau di yang menyebar di ruangan bisa juga ditimbulkan dari karpet, lho. Karpet yang lembap dan tidak pernah diganti akan menimbulkan bau apak yang menyebar di seantero ruangan. Untuk itu, rajin mengganti karpet secara berkala sebelum menimbulkan bau, ya.

Gimana, ternyata membuat udara di apartemen tetap terjaga dan tidak berbau sangat mudah, kan? Selamat mencoba, ya! Jangan lupa diterapkan di apartemen kalian, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *