Titik Penyelaman di Bali yang Wajib Dikunjungi

Anda yang gemar melakukan penyelaman dan biasanya berlibur untuk menuntaskan hobi menyelam Anda, maka Bali harus masuk dalam salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Ya, Bali memiliki banyak spot penyelaman yang indah dan sayang bila dilewatkan. Jadi, setelah booking hotel di Bali, jangan lupa segera kunjungi beberapa titik penyelaman di bawah ini:

Tulamben

menyelam di baliPantai Tulamben terletak di timur Laut Bali dan menghadap tepat ke Selat Lombok. Keindahan titik penyeleman ini memang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Di titik penyelaman ini Anda bisa menemukan ikan Mola-mola yang berbentuk seperti bulan serta hiu paus. Di titik ini Anda juga menemukan sisa kapal perang Amerika, USS Liberty, yang karam pada tahun 1963. Sisa kapal karam ini ditumbuhi beragam terumbu karang yang sekaligus menjadi rumah berbagai biota laut.

Tulamben memiliki kedalaman sekitar 40 meter dari bibir pantai menjadikannya sebagai lokasi penyelaman yang tenang. Sehingga menjadikannya sebagai tempat penyelaman kapal karam yang paling aman, bahkan untuk penyelam pemula sekalipun. Tidak heran, lokasi ini sangat ramai penyelamn terutama pada musim liburan.

Nusa Penida/Nusa Lembongan

Titik penyelaman yang berjarak sekitar 45 menit dari Sanur ini merupakan rumah dari mola-mola, penyu laut, manta ray, hiu putih dan abu-abu, serta berbagi gerombolan ikan penghuni terumbu karang. Nusa Penida cocok sebagai digunakan sebagai lokasi drift diving atau menyelam dengan mengikuti arus laut. Meski begitu, spot ini lebih cocok bagi mereka yang telah memiliki keahlian khusus dalam menyelam, mengingat perubahan arusnya yang sangat tidak menentu. Karenanya, mereka yang ingin menyelam di daerah ini diharuskan untuk memiliki sertifikat menyelam terlebih dahulu dan telah memiliki pengalaman menyelam kurang lebih dua puluh kali.

Amed

Terletak di Karangasem, sebelah timur laut Bali, Amed merupakan tempat  penyelaman yang tradisional yang masih tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Ada dua titik penyelaman di daerah ini, yakni Teluk Lipah dan Gili Selang.

Di teluk lipah terdapat kapal karam di daerah dangkal yang menjadi rumah bagi berbagi terumbu karang. Sementara di Gili Selang memiliki arus yang tidak bisa diprediksi sehingga cocok bagi mereka yang ingin memiliki pengalaman menyelam yang memacuk adrenalin.

Jadi, jangan lupa catat semua titik penyelaman ini dan kunjungi saat Anda pergi ke Bali nanti, ya. (raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *