Tips Merawat Sepeda Motor 2 Tak agar Awet

Jumlah sepeda motor 2 tak yang berseliweran di jalanan Indonesia memang saat ini tidak sebanyak sepeda motor 4 tak, namun bukan berarti motor 2 tak sudah kehilangan pamornya. Motor 2 tak identik dengan akselerasi dan tenaganya yang dahsyat, tidak heran motor ini memiliki penggemarnya sendiri. Selain itu, di balik tenaganya yang hebat tadi, perawatan motor 2 tak juga bisa dibilang tidak lebih rumit dibandingkan dengan motor 4 tak, namun ada beberapa perawatan khusus yang motor 2 tak yang tidak ada di motor 4 tak, misalnya penambahan oli samping terbaik selain oli mesin untuk menjaga performa motor. Berikut beberapa cara merawat motor 2 tak dengan mudah yang bisa Anda coba.

Penggunaan Oli Samping

oli motorSelain oli mesin, sepeda motor 2 tak membutuhkan ini untuk melumasi bagian silinder motor. Inilah yang sangat membedakan antara motor 2 tak dengan motor 4 tak. Diperlukannya oli samping pada motor 2 tak adalah karena oli mesin yang digunakan hanya melunasi pada bagian transmisi saja. Tanpa adanya oli samping, bagian piston motor tidak akan terlumasi sehingga akan menjadi macet dan menyebabkan kerusakan pada dinding silinder. Melihat pentingnya fungsi oli samping bagi motor 2 tak ini, maka penggunaannya pun tidak boleh sembarangan. Kesalahan pada penyetelan atau pemilihan kualitas dari oli samping bisa berakibat buruk pada mesin. Misalnya saja pengaturan volume takaran haruslah tepat, terlalu sedikit akan menyebabkan mesin kepanasan (over heat) sementara bila terlalu banyak akan menyebabkan mesin motor mengebul.

Karburator

Bersihkan dan lakukanlah servis pada karburator secara rutin. Pada sepeda motor 2 tak, sering sekali ditemukan kotoran yang mengendap pada dasar karburator karena campuran dari hasil bensin dan oli samping. Karena itulah penting sekali untuk mengecek dan membersihkan bagian karburator untuk memastikan tidak adanya endapan yang dapat mengganggu performa motor.

Aki/Accu

Aki yang digunakan pada motor 2 tak adalah aki basah. Untuk menjaga performa aki, harus diperhatikan kondisi air aki yang digunakan. Segera ganti aki dengan yang baru ketika daya aki sudah mulai terasa melemah. Memaksa menggunakan aki yang lemah akan menyebabkan kerusakan pada komponen dynamo, switch lampu, dan kontak mesin yang disebabkan oleh korosi.

Silinder Blok dan Head

Motor 2 tak mudah sekali berkerak karena sisa dari pembakaran bensin dan oli samping pada saluran pembuangan. Terlalu banyak endapatn pada silinder ini tentunya akan mengakibatkan performa motor menjadi menurun, bahan bakar yang semakin boros, serta tarikan motor yang terasa makin berat. Untuk menghindari hal ini, lakukanlah pemeriksaan dan pembersihan secara berkala.

Sparepart asli

Pastikan untuk selalu menggunakan sparepart asli yang dibeli pada bengkel-bengkel resmi keluaran merk motor yang digunakan. Menggunakan sparepart asli bisa menjaga performa dan umur motor tetap awet, karena sparepart asli ini sudah pasti terjaga kualitasnya.

Bila Anda masih belum berpengalaman dalam merawat atau sepeda motor 2 tak tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan ke bengkel resmi dan terpercaya langganan Anda. (raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *