Tips Merawat LED TV Anda

LED TV menawarkan gambar yang lebih tajam dan jernih namun uang yang perlu dikeluarkanpun tidaklah sedikit. Jumlah uang yang perlu dikeluarkan memang sangat banyak sehingga banyak orang  tidak berani membelinya karena mereka menganggap bahwa barang elektronik kenapa harus beli mahal – mahal, kan bentar doang rusak. Sebenarnya LED TV dapat awet untuk waktu lama jika digunakan dan dirawat dengan baik.

Jenis LED TV

Sebelum membeli, Anda perlu tahu bahwa ada 2 jenis LED yang dijual di pasaran:

LED LCD TV

LED LCD TV biasanya dikenal dengan nama LED TV. Ini jenis yang paling banyak ditemukan di pasar dan dibeli oleh masyarakat. Bisa dibilang jenis ini bukanlah pure / 100% LED karena sebenarnya jenis TV ini mengabungkan layar LCD dan teknologi LED. Jadi hanya teknologinya saja yang LED, bukan layarnya, bisa dibilang jenis TV ini baru menggunakan setengah sistem LED.

OLED TV

Organic Light Emitting Diodes atau lebih dikenal dengan nama OLED merupakan jenis ke-2 yang benar-benar menggunakan layar dan teknologi LED sekaligus. Berbeda dengan LCD yang menggunakan filter warna atau sinar UV seperti TV plasma, OLED TV menciptakan warna dasar merah, biru dan hijau dengan cara mengirimkan listrik melalu berbagai bahan yang berbeda untuk menciptakan cahaya. Jadi cara ini, TV menjadi sangat tipis dan menawarkan gambar yang sangat jernih dan kontras. Cuma sayangnya ukuran TV ini belum ada yang segede LED LCD TV dan TV Plasma.

Tips Agar LED TV Awet

TV yang awet adalah TV yang masih bisa digunakan untuk menonton. TV yang digunakan terus menerus, seiring waktu akan terus meredup. Meredupnya tampilan gambar yang diberikan TV bisa dikarenakan ada lampu yang aus atau sudah tua. Masalahnya adalah LED LCD TV menggunakan lampu putih yang memang tidak seawet lampu warna lainnya. Beberapa OLED TV menggunakan lampu putih, sementara yang lainnya memilih menggunakan lampu warna RGB karena lebih awet.

Diluar memilih TV dengan warna lampu yang lebih awet, ada beberapa yang bisa Anda lakukan agar LED TV Anda awet:

Matikan LED TV Anda Ketika Tidak Ada Orang yang Nonton

Ini adalah saran yang paling sering dilontarkan. Namun ternyata masih banyak orang yang sengaja menyarahkan TV walaupun tidak ada yang nonton. Mereka melakukannya semata-mata agar ada suara diruangan. Kegiatan seperti ini hanya memperpendek umur TV Anda. Agar umur TV panjang, cara yang pertama adalah mematikan TV ketika tidak ada yang nonton. Selain memperpanjang umur TV, tagihan listrik Anda akan lebih murah.

Atur Kecerahan Warna Layar

Jika TV diletakan diruang tamu, pastikan ruang tamu Anda memiliki penerangan yang hampir sama seperti showroom. Karena dengan cara ini, Anda tidak perlu mengatur kecerahan warna layar hingga tingkat tertinggi. Ingat biasanya umur sebuah TV adalah 60.000 jam. Umur TV akan semakin berkurang bila digunakan terus dan pengaturan kecerahan warna dengan tingkat tinggi.  Semakin kecerahan layar tinggi, semakin cepat pula umur TV berkurang.

Setiap perusahaan  memiliki pengaturan kecerahan layar yang berbeda-beda. Beberapa menawarkan pilihan yang gampang : “film”, “Ruang gelap” atau “Rumah” yang efektif membantu menjaga agar LED TV Anda awet untuk lama. Jadi setelah membeli dan memasang TV, Anda harus langsung melakukan pengaturan ini.

Lakukan Pengaturan Untuk Kontrasnya

Kontras adalah pengatur membuat tampilan teran atau berwarna gelap. Semakin tinggi kontras yang digunakan semakin tinggi juga daya yang digunakan sehingga umur TV juga semakin cepat berkurang. Atur kontras TV Anda pada “Standar”. Untuk menontong dengan kualitas HD, Anda bisa memilih “Movie” (bila ada, kalau gak ada cukup gunakan “Standar”).

Gunakan Regulator Voltage / Stabilizer

Ingat bukan hanya TV yang menggunakan listrik tetapi AC dan kulkas juga. Barang – barang elektronik ini akan saling merebut listrik ketika dinyalakan bersamaan sehingga listrik yang masuk kedalam sebuah peralatan elektronik tidak selalu dalam jumlah yang sama. Lama kelamaan, hal ini akan mempengaruhi TV. Ada baiknya gunakan Regul