Tips Menyewa Rumah Untuk Liburan

airbnbBagi kamu yang ingin liburan keluarga ke Jakarta untuk waktu yang lama, lebih disarankan untuk sewa rumah murah Jakarta dibandingkan tinggal di Hotel karena harganya sewa rumah tentu lebih murah dibandingkan hotel. Eh, emang bisa sewa rumah untuk beberapa hari doang? Yap, bisa sekali. Sekarang sudah banyak website-website yang menawarkan jasa di mana pemilik hunian (tuan rumah) bisa menyewakan hunian mereka baik itu berupa sebuah kamar, rumah ataupun apartemen. Bisa dibilang ini menjadi solusi lain selain hotel backpacker karena harga penyewaan hunian ini cukup bersaing dan pastinya privasi lebih terjamin di rumah sewa dibandingkan hotel backpacker.

Wah, boleh dong klo gitu? Yap, kamu bisa mencoba website AIRBNB. Airbnb merupakan website sewa hunian untuk liburan yang sedang booming karena di web ini, kamu bisa menemukan hunian yang bisa disewa selama liburan di negara mana saja bahkan di Indonesia sendiri. Rumah yang ditawarkan tentu tidak abal-abal loh, biasanya setiap hudian yang ditawarkan sudah dilengkapi berbagai fasilitas dasar seperti koneksi Wi-Fi (ini penting banget), listrik, tempat tidur, bantal, selimut, AC, mesin cuci baju, dapur dan kamar mandi yang bersih. Jadi oke deh, namun tidak berarti kamu bisa sembarang memilih hunian yang akan kamu sewa. Kamu perlu melakukan pertimbangan lainnya:

Saat kamu akan menyewa kamar dengan menggunakan layanan web Airbnb atau web serupa lainnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

Pastikan Lokasinya

Kebanyakan lokasi hunian yang disewakan tidak berada langsung di jalan besar (jalan protocol). Bisa dibilang lebih pedalaman lah. Cuma bagi kamu yang ingin mengalami langsung kebudayaan sekitar, tinggal di rumah sewaan bisa menjadi pilihan. Nah, pas memilihan lokasi carilah lokasi yang memudahkan kamu mengakses transportasi umum atau dekat dengan lokasi tujuan wisatamu. Kamu bisa mencoba mencocokan lokasi hunian sewa melalui google map untuk memastikan lokasinya emang sesuai kebutuhan liburanmu.

Bandingkan Harga Sewa Rumah dan Hotel

sewa kamarTidak semua hunian sewa itu murah, jadi jangan langsung menjudge bahwa hunian sewa lebih murah dibandingkan hotel. Beberapa tujuan wisata seperti Thailand memiliki hotel yang ditawarkan sangat murah dengan fasilitas sarapan. Cek dan bandingkan, jangan lupa ya.

Pastikan Tuan Rumah Bertanggung Jawab dan Mudah Dihubungi

Biasanya masalah yang terjadi pada saat sewa hunian adalah tuan rumah yang kurang bertanggung jawab dan susah dihubungi. Ketika kamu sudah memutuskan akan menyewa sebuah hunian, lebih baik hubungi tuan rumah untuk bertanya gimana cara check-in. Disarankan memilih hunian di mana tuan rumahnya akan menunggu kamu dan menyerahkan kuncinya secara langsung, itu lebih aman dan nyaman. Ketika sudah menyewa, pastikan kamu email untuk menginformasikan kedatanganmu, meminta petunjuk jalan menuju ke hunian dan meminta informasi gimana penyerahan kunci pada har H. Kalau kamu sudah mendapat tuan rumah yang bertanggung jawab dan baik seperti ini, balaslah kebaikannya dengan menjadi penyewa yang bertanggung jawab juga, ya. Jangan malah menerapkan perilaku layaknya penyewa nakal yang menyebalkan!

Selain 3 hal di atas yang perlu kamu ketahui, tidak ada salahnya kamu mengecek reviewan orang-orang yang sudah pernah menggunakan jasa sewa rumah untuk mendapakan gambaran yang lebih jelas. Selamat liburan –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *