Tips Menghindari Kriminal Saat Sedang Berkendara

motor
image source: cyclenews

Di Indonesia kasus kriminal masih sering terjadi. Baik di perkotaan atau pedesaan, tindakan kriminal bisa menyerang siapapun tanpa pandang bulu. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda selalu waspada kapanpun dan dimanapun Anda berada. Membeli premi asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk perlindungan yang bisa Anda lakukan. Mengapa? Karena sebagai manusia, kita tidak bisa mengetahui kapan kita akan menghadapi sebuah masalah yang bisa berakibat fatal, termasuk seperti tindakan kriminal di jalan yang bisa mengancam nyawa. Namun selain mengikuti asuransi, Anda juga bisa menghindari tindakan kejahatan di jalanan dengan cara-cara berikut.

  • Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik. Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi kendaraan Anda dengan baik. Periksa mulai dari mesin, ban, wiper, bensin, dan bagian penting lainnya. Jika kendaraan Anda mengalami masalah di jalan, dikhawatirkan para penjahat akan lebih mudah mencelakai saat Anda berhenti dan tidak bisa pergi kemana-mana.
  • Tidak Berkendara Terlalu Larut. Di saat malam hari, para kriminal biasanya memanfaatkan suasana sepi dan sunyi untuk melaksanakan rencana kejahatan mereka. Seperti begal dan jambret misalnya. Mereka akan lebih mudah untuk beroperasi di malam hari saat jalanan sudah sepi, sehingga korban kesulitan untuk mendapatkan pertolongan dan para penjahat pun dapat kabur dengan mudah.
  • Hindari Jalan Gelap dan Sepi. Meskipun begitu, terkadang Anda tidak bisa menghindari kegiatan di malam hari dan terpaksa untuk pulang larut. Jika memang harus pulang malam, maka berusahalah untuk tidak melewati jalanan yang gelap dan sepi.
  • Berkendara Bersama-sama. Mengajak teman atau seseorang untuk menemani Anda saat berkendara juga bisa menimalisir kemungkinan terjadinya tindakan kriminal. Dengan ditemani seseorang atau beramai-ramai, diharapkan penjahat dapat berpikir dua kali untuk melancarkan rencana kejahatannya.
  • Jangan Mudah Percaya. Berbagai macam modus kejahatan akan dilakukan oleh para kriminal untuk mengelabui korban mereka. Oleh karena itu, Anda harus waspada saat berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal. Penjahat bisa saja bohong dan meneriaki bahwa ban kendaraan Anda kempes, dan saat Anda berhenti, mereka justru akan mencelakai Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menghindari kejahatan di jalan. Jika Anda memiliki tips lain, silahkan bagikan agar bisa bermanfaat bagi para pembaca lainnya. (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *