Tips Memilih Mainan Balita

Balita merupakan singkatkan dari kata bayi dibawah lima tahun. Walaupun masih kecil, balita merupakan penjelajah kecil yang sangat aktif. Faktor yang mempengaruh tumbuh kembang anak adalah gizi, lingkungan, orang tua dan mainan balita. Jadi mainan yang Anda beli dapat membantu memperbesar kesempatannya untuk mengembangkan diri dan berlatih keterampilan baru yang dia butuhkan nantinya.

mainan balitaBanyak orang berpikir memilih mainan untuk balita itu gampang, tinggal beliin boneka jadi deh. Namun ternyata pemikiran seeprti itu harus dibuang jauh – jauh. Ketika memasuki toko mainan, Anda harusnya memilih mainan yang tepat untuk buah hati Anda. Mainan tetap seperti apa? Mainan yang membantu tumbuh kembang, mengasah keterampilan seta aman bagi dia. Berikut ini beberapa tips memilih mainan balita yang mungkin membantu para orang tua:

  • Pilih mainan yang bisa dimainkan oleh anak dengan berbagai cara. Balita masih dalam masa di mana dia lagi senang menarik, memasukan, membangun, memisahkan, menyatuhkan, dll. Pastikan mainan itu tidak mudah rusak dan bisa membentuk apa aja yang diinginkan anak. Contoh mainan yang cocok adalah chuky block atau balok kayu.
  • Mainan yang tidak membosankan. Jangan membeli mainan yang hanya digunakan beberapa hari saja oleh buah hati. Carilah mainan yang menarik hati anak walaupun buah hati semakin bertambah umurnya. Contoh mainan yang cocok adalah boneka, mainan otomotif dan mainan robot.
  • Pilih mainan yang memacu buah hati untuk eksplorasi dan memecahkan masalah. Mainan membantu buah hati berlatih akan keterampilan baru, tentu saja jika mainan yang dipilih tepat. Mainan yang cocok adalah mainan yang memberikan kesempatan untuk menggunakan logikanya dan penggunaan syaraf gerak seperti puzzle, adonan mainan atau tanah liat.
  • Carilah mainan yang memberikan kesan “Nyata” seperti perabotan rumah tangga, alat musik atau sapu ukuran anak – anak, agar Anda sebagai orang tua juga bisa mengajari keterampilan – keterampilan yang dia butuhkan dalam hidupnya nanti sambil bermain (belajar sambil bermain).
  • Memilih mainan yang aman. Keaman perlu diperhatikan karena anak yang masih kecil belum mengerti apa itu bahaya sehingga Anda sebagai orang tuanya harus menjadi guardian angel-nya. Pilih mainan yang tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan tidak memiliki sisi tajam yang dapat melukai anak.
  • Disarankan tidak mencari mainan denga ukuran kecil – kecil (mini) yang bisa mudah dimasukan ke dalam mulut dan ditelan oleh buah hati Anda. Pada masa kecil, anak – anak lagi senang – senangnya memasukan apapun ke dalam mulutnya jadi Anda harus berhati–hati.

Semoga tips memilih mainan ini dapat membantu. Ingat keselamatan dan kenyaman buah hatilah yang penting jadi tidak ada salahnya memilih mainan balita yang bermutu agar aman.  –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *