Tips Memilih Layanan Hybrid Cloud untuk Perusahaan

cloud serverLayanan cloud tersedia dalam tiga macam jenis, yaitu public cloud, private cloud, dan yang terakhir, hybrid cloud. Apa hybrid cloud itu? Hybrid cloud merupakan kombinasi public cloud dan private cloud milik satu perusahaan. Sebenarnya kedua kombinasi tersebut bekerja secara terpisah namun dihubungkan dan diamankan oleh enkripsi sehingga data dan aplikasi dapat dipindahkan secara aman. Hybrid cloud bisa didapatkan dengan menggunakan jasa vendor yang terpercaya. Akan tetapi, sebelum mengaplikasikan hybrid cloud, lebih baik Anda simak dahulu beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih hybrid cloud terlebih dahulu, seperti di bawah ini misalnya. (source: perantara.net)

  • Security/Keamanan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah security atau keamanan cloud itu sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih vendor atau penyedia layanan yang bisa diandalkan. Hubungan antara public dan private cloud harus menyediakan tingkat keamanan tinggi untuk aliran data akses oleh pemakai dan interaksi antara public dan private cloud. Pastikan juga semua peraturan keamanan dan privasi yang berlaku pada perusahaan Anda dapat dipenuhi..

  • Manajemen

Dalam menerapkan layanan hybrid cloud tentu diperlukan manajemen yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu menanyakan secara jelas seberapa baik alat manajemen yang digunakan untuk mengendalikan aplikasi, data dan proses dalam hybird cloud tersebut. Selain itu, layanan hybrid cloud juga perlu memberikan fleksibilitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  • Konsistensi

Tidak kalah penting, konsistensi juga merupakan kunci dari hybrid cloud yang baik. Pilihlah arsitektur hybrid cloud yang memberikan konsistensi pada hybrid cloud yang Anda gunakan.

  • Biaya

Salah satu manfaat menggunakan hybrid cloud adalah memangkas biaya kebutuhan SDM atau operasional perusahaan. Namun manfaat ini tidak akan didapatkan jika harga hybrid cloud terlampau mahal. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah biaya layanan secara matang. Harga yang ditawarkan setiap vendor tentunya berbeda-beda, namun jangan lupa untuk membandingkan harga dengan layanan yang ditawarkan. Jika layanan yang ditawarkan sebanding dengan total biaya yang harus Anda bayarkan, mengapa tidak?

Itulah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih hybrid cloud untuk perusahaan. Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *