Tips Memilih Gitar Akustik Berkualitas Bagus

Apa yang biasanya menjadi pertimbangan pertama ketika memilih gitar akustik? Biasanya kebanyakan orang memilih gitar berdasarkan harga dan merk. Dua hal itu memang penting, namun ada beberapa hal yang juga harus menjadi pertimbangan kita untuk memilih gitar yang berkualitas bagus. Apa saja itu?

Body Gitar

gitar akustikTerdapat 3 macam konstruksi body gitar akustik, yakni all laminated (berbahah triplek), laminated with solid top (berbahan kayu dan triplek), serta all solid (berbahan full kayu). Beberapa orang mengatakan gitar all solid atau berbahan full kayu memiliki kualitas yang lebih bagus karena menghasilkan suara yang lebih bagus dan berat. Untuk jenis kayu yang digunakan pun bermacam-macam, misalnya mahogany, spruce, rosewood, dan lainnya. Masing-masing kayu ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan saat memilih.

Bentuk dan ukuran gitar pun bermacam-macam, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil,  bisa disesuaikan dengan selera serta kenyamanan kita saat menggunakannya.

Jangan lupa, pastikan body gitar mulus dan tidak memiliki cacat, tidak terdapat gelombang pada permukaan depan dan belakang maupun noda dari cat ataupun pernis. Pastikan juga sambungan atau lem-lemannya rapih.

Neck/Leher gitar

Pilihlah neck atau leher gitar yang lurus dan berbahan kuat, sehingga tidak mudah bengkok atau patah. Perhatikan juga sambungan ke Body dan Fretboard, pastikan sambungannya atau lemnya rapih. Jangan lupa sesuaikan besaran neck ukuran genggaman kita agar lebih nyaman saat memainkannya.

Fretboard

Jumlah fret pada gitar akustik sendiri beragam yakni antara 12 hingga 18 fret. Pastikan ketinggian fret sama rata mulai dari fret pertama hingga fret terakhir yang berada di dekat lubang Body gitar. Ini untuk menghindari terjadinya gesekan antara fret dengan senar karena tingginya yang tidak rata dan mengakibatkan suara senar yang sember.

Tunning Peg

Tunning peg adalah alat yang berada di ujung gitar yang berfungsi untuk menyetem nada gitar. Pilihlah tunning peg yang terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat.

Senar Gitar

Saat ini ada dua jenis senar gitar yang bisa dipilih, yakni senar nylon dan senar baja (steel). Bila lebih suka memainkan musik klasik atau sedang belajar gitar maka senar nylon adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bila lebih suka memainkan musik dengan banyak melodi seperti musik rock, atau blues, maka sebaiknya pilih senar steel.  Setiap jenis senar ini memiliki ukuran yang berbeda-beda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Semoga tips memilih gitar akustik yang berkualiats bagus tadi bisa membantu ya. Dan jangan lupa setelah dibeli, rawat gitar akustik Anda dengan baik.(raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *