Tips Membeli Mobil untuk Pertama Kali

beli mobilKetika Anda ingin membeli mobil untuk pertama kalinya, Anda akan merasa bingung terhadap semua pilihan mobil yang seolah disodorkan kepada Anda. Itu baru urusan mobil saja, belum lagi Anda harus memerhatikan masalah asuransi mobil dan mempertimbangkan perluasan asuransi mobil. Wah, ternyata banyak yang harus diurus sebelum membeli mobil. Pusing? Well, don’t be! Ada trik tersendiri untuk membeli mobil bagi para pemula seperti Anda.

  1. Kenali jenis kebutuhan Anda. Setiap pembeli pastinya memiliki kebutuhan tersendiri terhadap mobil yang ingin dibeli. Misalnya, seorang ayah pasti akan membeli family car yang muat untuk menampung seluruh anggota keluarga. Di sisi lain, seorang businessman akan memilih membeli mobil yang berkelas dan sleek dengan kapasitas kursi yang tidak terlalu banyak. Jenis-jenis kebutuhan ini bisa menentukan mobil apa yang harus Anda beli.
  2. Riset penuh. Setelah mengenali kebutuhan dan jenis mobil apa yang ingin dibeli, kini Anda bisa melangkah ke jenjang berikutnya yakni melakukan riset. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang ingin Anda beli mulai dari spesifikasi, harga, hingga plus minusnya. Anda bisa mengetahui hal ini dari forum-forum otomotif yang banyak beredar di internet. Di forum, banyak pengguna yang berbagi kesan-kesan mereka baik yang positif dan negatif saat menggunakan mobil tertentu. Anda tentunya bisa mengumpulkan banyak informasi terkait mobil yang diinginkan.
  3. Penggunaan jangka panjang. Anda sudah tahu mobil apa yang diinginkan, sudah melakukan riset, dan kini tinggal menentukan apakah Anda harus membeli mobil tersebut atau tidak. Pertimbangkan tentang penggunaannya selama beberapa tahun ke depan. Apakah mobil tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu panjang? Apakah kualitasnya bagus? Dan apakah mobil tersebut akan dihargai rendah begitu dijual kembali? Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan juga, lho.
  4. Layanan test drive. Jika memungkinkan, cobalah untuk mencicipi layanan test drive pada mobil yang diinginkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin terhadap mobil yang ingin Anda beli karena Anda telah mencoba mengendarainya.
  5. Bandingkan harga. Setiap dealer terkadang memiliki harga yang berbeda terhadap mobil yang dijual, lho. Untuk itu, jika sudah yakin terhadap satu mobil, cek ke beberapa dealer untuk menemukan harga yang sesuai. Ini akan menguntungkan Anda. Dan jika harganya sama, bisa saja antara satu dealer dengan dealer lainnya memiliki penawaran yang berbeda. Jadi, jangan malas mengecek, ya!
  6. Gunakan asuransi mobil. Jangan lupa untuk mendaftarkan mobil Anda pada asuransi agar jaminan proteksinya semakin tinggi. Dengan begitu, jika ada kerusakan atau hal-hal yang tidak dinginkan terjadi di kemudian hari, Anda masih bisa bernapas lega karena semuanya ditanggung oleh asuransi.

Nah, selamat mencari mobil impian Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *